Kemenkes Ungkap Transmisi Hepatitis Akut di Dunia, Virus Adenovirus Jadi Penyebab?

Kevi Laras
Minggu 15 Mei 2022 11:39 WIB
Kemenkes Ungkap Transmisi Hepatitis Akut di Dunia, Virus Adenovirus Jadi Penyebab?
Kemenkes ungkap transmisi hepatitis akut. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan mengungkap bagaimana Hepatitis akut misterius pada anak muncul di dunia. Bahkan saat ini, sudah masuk ke Indonesia dan negara-negara lain.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan penyakit Hepatitis sudah ada sejak lama di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Namun, penyebabnya diketahui karena virus Hepatitis A,B,C,D dan E. Terkecuali Hepatitis akut misterius yang hingga kini belum diketahui apa penyebabnya. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap dalam seminggu pengujian, mengonfirmasi sekitar 70 persen dari kasus dinyatakan positif adenovirus, dengan sub-tipe 41. 

"Pertama penyakit hepatitis ini sudah ada di seluruh negara. Kedua, selain tadi disebabkan oleh virus ABCDE ada yang lain, (hepatitis akut misterius) ditemukan penyebab lain yaitu virus Adenovirus," ujar dr Nadia dikutip dalam tanyangan video diakun Instagram dr Fajri @drfajriaddai, Minggu (15/5/2022)

Nadia menambahkan, jika Adenovirus merupakan virus yang menginfeksi saluran cerna dan pernafasan. Di mana dapat sembuh dengan sendiri, Nadia juga mengatakan bahwa Hepatitis yang sudah ada sejak lama yaitu ABCDE bisa menyerang siapa pun.

"Nah virus ini ditemukan atau menginfeksi dalam saluran cerna dan pernafasan yang bisa sembuh dengan sendirinya. Hepatitis abcde bisa menyerang usia anak-anak maupun dewasa di berbagai negara," tuturnya

Kemudian, muncul Hepatitis akut misterius ini dan diuji ke laboratorium. Ditemukan adanya virus Adenovirus dan virus non Hepatitis ABCDE. Sehingga, kemunculan Hepatitis akut misterius dijadikan sebagai penyakit yang harus diwaspadai oleh WHO.

"Muncul hepatitis suatu gejala dengan hepatitis yang ditemukan, kemudian dalam pemeriksaan dalam laboratirium ditemukan jenis virus Adenovirus dan non Hepatitis ABCDE. Ini kita kategorikan oleh WHO, sebagai penyakit harus diwaspadai, makanya ada sistem kewaspadaan yang dibuat WHO," ucap dr Nadia.

"Jadi pola penyebarannya ini sedang dicari tahu, apakah ini adenovirus apakah ada virus yang sudah ada bermutasi atau adanya virus baru yang muncul inilah sedang dicari tahu oleh para ahli," ujar dr Nadia.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi