Kemenkumham Terbitkan Aturan Baru, Visa Turis Asing Diperbolehkan untuk Wisata hingga Buat Film di Indonesia

Arie Dwi Satrio
Kamis 14 Oktober 2021 09:45 WIB
Kemenkumham Terbitkan Aturan Baru, Visa Turis Asing Diperbolehkan untuk Wisata hingga Buat Film di Indonesia
Aturan baru untuk Turis asing ke Indonesia di era Covid-19. (Foto: Instagram @dudutsp)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerbitkan aturan terbaru tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor M.HH-03.GR.01.05 Tahun 2021. Aturan ini berkaitan pemberian izin visa bagi Warga Negara Asing (WNA) dalam situasi pandemi Covid-19.

Berdasarkan aturan terbaru tersebut, warga asing diperbolehkan ke Indonesia dalam rangka wisata, pembuatan film, hingga mengikuti pendidikan. Pelonggaran izin masuk bagi WNA tersebut sesuai dengan angka penyebaran virus Corona (Covid-19) yang sudah mulai melandai di Indonesia.

"Bahwa dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional di bidang wisata, perfilman, dan penyelenggaraan pendidikan, perlu menambahkan jenis kegiatan orang asing dalam rangka pemberian visa," demikian dikutip dari Kepmenkumham Nomor M.HH-03.GR.01.05 Tahun 2021, Kamis (14/10/2021).

Dalam aturan tersebut, Kemenkumham memutuskan memperbolehkan warga asing berkegiatan wisata dan pembuatan film sebagai jenis kegiatan visa kunjungan dengan indeks visa B211A. 

 

1
/
2