Kementerian Agama Gelar Seleksi Petugas Haji 2023, Pakai Sistem Computer Assested Test

Icon CameraWidya Michella Nur Syahida
Rabu 25 Januari 2023 12:29 WIB
Kementerian Agama Gelar Seleksi Petugas Haji 2023, Pakai Sistem Computer Assested Test
Kementerian Agama gelar seleksi petugas Haji 2023. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan tes kompetensi seleksi calon petugas haji 1444 H/2023 M dengan skema Computer Assested Test (CAT).  

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti tes secara serentak di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Rabu (28/1/2023). 

Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo mengatakan, penggunaan CAT sebagai bagian dari proses transformasi digital di Kementerian Agama. 

Dari tahapan ini seleksi diharapkan berlangsung lebih sportif dan kompetitif dan memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik. 

“Penggunaan CAT dalam rangka transformasi digital dan agar seleksi lebih sportif dan kompetitif. Seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Wibowo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

“Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rekrutmen petugas untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, fair, dan berlaku profesional,” katanya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menyampaikan, peserta yang nantinya belum beruntung dan tidak terpilih sebagai petugas haji tahun ini agar tidak berkecil hati. Sebab, kesempatan untuk melayani tamu-tamu Allah terbuka luas pada tahun-tahun yang akan datang.

"CAT tingkat Kankemenag Kabupaten/Kota diikuti 11.329 peserta. Ada 7 formasi yang tersedia, yaitu: petugas kloter (Ketua Kloter dan Petugas Pembimbing Ibadah Haji), petugas non kloter (petugas layanan akomodasi, transportasi, katering, pembimbing ibadah dan Siskohat)," tutur Hilman.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2