Kenali 3 Tanda Parfum Kesayangan yang Sudah Kedaluarsa, Salah Satunya Aroma Berubah

Rizky Pradita Ananda
Kamis 14 Oktober 2021 01:05 WIB
Kenali 3 Tanda Parfum Kesayangan yang Sudah Kedaluarsa, Salah Satunya Aroma Berubah
Kenali tanda parfum yang kadaluarsa. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Parfum dengan aroma wewangian favorit seperti wangi bunga, buah-buahan sampai aroma dedaunan di hutan memang jadi senjata ampuh bagi banyak orang agar wangi dan tampil percaya diri seharian saat beraktivitas.

Nah bagi Anda yang senang memakai parfum bahkan sampai mengoleksinya. Penting untuk bisa mengetahui tanda-tanda jika parfum yang disimpan ternyata sudah expired alias kadaluarsa.

Apa saja sinyal yang bisa dirasa dan dilihat saat parfum sudah kadaluarsa dan tak layak pakai? Merangkum Instyle dan Womanandhome, Rabu (13/10/2021) intip uraian singkat tiga tanda parfum sudah kadaluarsa berikut ini.

1. Aroma berubah

Tanda pertama seperti yang disebutkan ahli wewangian dari The Perfume Shop, Rebecca Wilkin adalah aroma yang berubah. Untuk memeriksa parfum, percayalah dengan indera penciuman Anda. Mengingat aroma atau wangi dari parfum favorit yang sering dipakai pasti familiar di hidung kita sendiri. 

“Jika tercium baunya sudah berbeda dari wangi yang seperti biasanya. Anda dapat mengetahui apakah parfum telah kedaluwarsa ketika baunya sedikit asam, terutama saat top notch  teroksidasi,  bisa sedikit beraroma metalik,” ujar Rebecca.

2. Perubahan warna

Tanda kedua yang bisa dilihat jelas adalah jika warna cairan parfum sudah berubah. “Jika warna cairan terlihat lebih gelap atau memiliki warna kuning, itu biasanya berarti parfum telah teroksidasi,” kata pembuat parfum Gucci, Thierry Mugler dan Hugo Bos, Givaudan Jacques Huclier. Cara terbaik untuk memeriksa apakah parfum telah kedaluarsa adalah dengan menyemprotkannya di selembar kertas untuk mendeteksi apakah ada sesuatu atau bau yang tidak beres.

3. Minta bantuan orang lain

Jika masih kurang yakin, cara ketiga bisa dengan meminta bantuan dari kemampuan indera penciuman dari teman atau keluarga untuk mencium aroma parfum. Jangan ragu untuk meminta opini dari orang lain.

Untuk memperpanjang usia parfum, seperti disarankan Gabriela Chelariu, ahli parfum senior dari Firmenich, maka parfum idealnya disimpan di tempat gelap yang sejuk, jauh dari panas dan paparan sinar matahari. 

Mengingat sinar UV dapat merusak wewangian dan merusak formula dari wewangian itu sendiri. Gabriella juga merekomendasikan, untuk menyimpan parfum di lemari es karena suhu dingin ini  sebenarnya adalah iklim dan ruang penyimpanan terbaik bagi parfum.

Editor : Endang Oktaviyanti