Kenali 3 Waktu Salat Dhuha dan Manfaatnya, Ada yang Pahalanya Senilai Haji dan Melancarkan Rezeki

Icon CameraGiffar Rivana
Rabu 25 Januari 2023 22:44 WIB
Kenali 3 Waktu Salat Dhuha dan Manfaatnya, Ada yang Pahalanya Senilai Haji dan Melancarkan Rezeki
Kenali 3 waktu salat dhuha dan manfaatnya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ustadz Adi Hidayat menjelaskan ada tiga bagian dalam salat dhuha yang rugi jika dilewatkan umat muslim.

Yang pertama, pada awal dhuha yakni satu setengah jam setengah setelah kita menunaikan salat subuh. Itu yang dinamakan syuruk, yang pahalanya sama dengan ibadah umrah dan haji.

"Subuh misalnya setengah lima, maka jam enam muncul awal dhuha, namanya syuruk. Jadi habis salat subuh dzikir dulu, doa dulu, belajar tafsir dulu," ucap Ustadz Adi Hidayat atau yang akrab disapa UAH, dikutip dari cuplikan video Facebook, Rabu (25/1/2023).

"Setelah itu muncul syuruk, salat dua rakaat yang pahalanya senila haji dan umrah," kata UAH.

Setelah itu, ada pertengahan dhuha yang bisa dilaksanakan saat pukul sembilan pagi sampai pukul 10.

"Jumlahnya dua sampai empat rakaat apa fungsinya, satu mengganti seluruh dzikir yang ada dalam tubuh kita. Maka berzikir telinga, lisan, bisa diganti dengan dua rakaat dhuha. Yang kedua bisa menghambat atau menghentikan satu musibah umum, misal ada kebanjiran atau macet, orang-orang kena macet yang bisa salat dhuha, tiba-tiba di tolong oleh Allah, dibebaskan," tuturnya.

Dan terakhir, dhuha di waktu akhir yakni pada pukul 10.00 hingga 11.00 mendekati waktu dzuhur. 

"Itu jumlahnya dua bisa empat sampai delapan rakaat. Diantara manfaatnya bisa mempermudah datangnya rezeki, dengan izin Allah SWT, itulah dhuha," kata UAH.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News