Kenali 4 Macam Flek Hitam yang Sering Muncul di Wajah, Nomor 1 karena Kelainan Pigmentasi

Icon CameraDevi Ari Rahmadhani
Senin 21 November 2022 16:30 WIB
Kenali 4 Macam Flek Hitam yang Sering Muncul di Wajah, Nomor 1 karena Kelainan Pigmentasi
Kenali flek hitam yang muncul di wajah. (Foto: celebrities.id/ Time of India)

JAKARTA, celebrities.id - Noda hitam atau flek hitam pada wajah sangat dihindari oleh para perempuan karena dapat mengganggu penampilan. Namun, ternyata flek hitam pada wajah ada beragam jenis. 

Walau berbeda, semuanya terkait dengan paparan sinar matahari yang memperburuk gangguan pigmentasi.  Untuk itu, penggunaan sunscreen sehari-hari sangat penting. 

Merangkum dari Time of India, Senin (21/11/2022), berikut ini penjelasan mengenai empat jenis flek pada kulit yang banyak dijumpai. 

Macam flek hitam di wajah

1. Melasma 

Melasma merupakan kelainan pigmentasi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak hiperpigmentasi coklat hingga coklat keabu-abuan di wajah. 

Hingga saat ini, penyebab pasti melasma belum diketahui tidak diketahui. Namun, paparan sinar UV, peningkatan kadar estrogen (diamati terutama selama kehamilan atau penggunaan kontrasepsi oral), predisposisi genetik dan obat fototoksik diketahui memainkan peran utama, faktor lain seperti disfungsi ovarium, tiroid dan penyakit hati juga dapat mempengaruhi tingkat keparahan melasma.  

2. Postinflammatory hyperpigmentation (PHI) 

Biasanya, noda hitam pada kulit Anda yang tidak kunjung hilang setelah Anda terkena jerawat atau bahkan luka ringan, dikenal sebagai PIH. Hal ini terjadi akibat dari reaksi inflamasi. PIH dapat bertahan dari bulan ke bulan bahkan hingga berganti tahun.  

 

1
/
2