Kenali Berapa Lama Produk Kecantikan Expired setelah Dibuka, Jangan Salah Pakai

Wilda Fajriah
Sabtu 21 Agustus 2021 17:49 WIB
Kenali Berapa Lama Produk Kecantikan Expired setelah Dibuka, Jangan Salah Pakai
Kenali berapa lama produk kecantikan expired setelah dibuka. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Produk kecantikan di pasaran banyak jenisnya. Dengan bentuk yang sama, tapi merek berbeda terkadang membuat wanita ingin terus membelinya. Kondisi inilah yang membuat makeup menjadi banyak dan menumpuk.

Terlebih dengan kondisi pandemi sekarang ini, sudah pasti pengaplikasian makeup menjadi lebih jarang karena kebanyakan hanya berada di rumah. Di sisi lain seperti makanan, makeup juga memiliki masa habis pakai.

Mungkin sulit untuk mengetahui berapa lama amannya untuk Anda pakai karena tak ada tanggal kedaluarsa. Berikut saran para pakar kesehatan tentang kapan seharusnya Anda membuang barang-barang seperti makeup dan perawatan kecantikan, seperti dilansir laman Shape, Sabtu (21/8/2021).

Pelembap

Setelah Anda membuka kemasannya, barang ini bisa tahan hingga satu tahun. Jika belum Anda buka, maka pelembab bisa tahan hingga dua tahun.

Seiring waktu, bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan ruam atau infeksi terutama jika wadah pelembab berbentuk seperti toples sehingga jari Anda harus masuk ke dalamnya untuk mendapatkan pelembab.

Pelembab dengan bahan tambahan seperti asam alfa hidroksi menimbulkan risiko tambahan karena bisa menjadi lebih terkonsentrasi dan mengiritasi kulit.

 

1
/
2