Kenali Ciri-Ciri Wiper Mobil yang Sudah Rusak, dari Tidak Optimal Menyeka Air hingga Meninggalkan Garis di Kaca

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Jumat 25 November 2022 20:36 WIB
Kenali Ciri-Ciri Wiper Mobil yang Sudah Rusak, dari Tidak Optimal Menyeka Air hingga Meninggalkan Garis di Kaca
Wiper merupakan komponen yang sangat penting bagi mobil, terutama saat musim hujan tiba. (Ilustrasi: PIXABAY)

JAKARTA, celebrities.id - Wiper merupakan komponen yang sangat penting bagi mobil, terutama saat musim hujan tiba. Apabila wiper tidak berfungsi dengan baik, pandangan untuk melihat ke depan saat berkendara akan terganggu.

Karena itu, kamu harus melakukan perawatan pada wiper mobil secara berkala. Meski kondisinya sekilas terlihat baik, kamu harus tahu apa saja yang menjadi ciri-ciri wiper atau karet wiper rusak. 

Berikut ini adalah ciri-ciri wiper rusak yang wajib diketahui  seperti yang dikutip dari siaran pers Auto2000. 

1. Tidak Optimal Menyeka Air

Wiper yang kondisinya masih bagus akan bekerja optimal dalam membersihkan air. Tapi, wiper yang telah rusak tidak akan sanggup menyeka air dengan baik, khususnya saat hujan deras. Kerusakan tersebut umumnya terjadi pada bilah pemegang karet wiper yang lemah pegasnya, hingga iper gagal mengikuti kontur kaca ketika bekerja dan meninggalkan jejak air.

2. Terdengar Suara Berisik saat dipakai

Wiper yang masih bagus ditandai dengan karet yang masih lentur dan tidak keras. Namun, Karet wiper akan semakin kaku dan kehilangan fleksibilitas seiring waktu dan pemakaian. Biasanya, karet wiper yang sudah mengeras akan menimbulkan bunyi berisik ketika bergesekan dengan kaca mobil.

 

1
/
2