Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Rem Mobil Ambles, Periksa Master Silinder Rem

Intan Rakhmayanti Dewi
Jumat 08 Oktober 2021 08:20 WIB
Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Rem Mobil Ambles, Periksa Master Silinder Rem
Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Rem Mobil Ambles, Periksa Master Silinder Rem. (Foto: celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Rem ambles menjadi salah satu masalah pada sistem pengereman mobil. Masalah ini akan terasa saat pengendara menginjak pedal rem. Rem yang ambles akan terasa tidak mencengkram.

Perlu tenaga ekstra untuk melakukan pengereman pada rem yang ambles. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan berbahaya bagi keamanan saat berkendara.

Jika pedal terasa sulit diinjak namun masih terasa keras di bagian akhir, penyebabnya terletak pada minyak rem.  Namun, jika pedal terasa benar-benar sulit diinjak bahkan di bagian akhir, maka Anda perlu memeriksa bagian master silinder rem.

Sementara, jika kesulitan menginjak pedal rem meski sudah sampai ke bagian akhir, besar kemungkinan rem mobil ambles. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada master silinder rem.

Ketika sudah tahu gejalanya, langkah selanjutnya adalah memperbaiki rem mobil yang ambles. Apa saja? Dikutip dari  Auto2000, Jumat (8/10/2021), berikut ini langkah mengatasi rem mobil ambles.

1. Periksa kendaraan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa komponen pada sistem rem mobil. Pada rem yang terasa ambles, Anda bisa memeriksa piston kaliper rem untuk mengecek kebocoran.

Selain itu, lakukan juga pengecekan pada bagian dinding dalam master silinder rem. Jika  sudah melepaskan master silinder dari booster rem, periksa juga komponen karet seal piston yang ada di dalamnya dan jangan lupa untuk cek juga kampas rem.

2. Bleeding rem

Jika menemukan kebocoran pada saluran piston kaliper rem, melakukan bleeding bisa menjadi solusi paling mudah.

Bleeding adalah mengeluarkan gelembung udara yang terjebak dalam sistem pengereman. Sebelumnya, lepaskan kaliper rem dari dudukannya. Lalu ganti selang rem yang bocor, baru kemudian Anda bisa melakukan bleeding.

3. Perbaiki master silinder

Langkah terakhir adalah memperbaiki master silinder rem. Lepaskan master silinder dari booster rem, kemudian amplas dinding bagian dalam master silinder dengan amplas nomor 1000.

Terakhir, ganti karet seal piston yang ada di dalam master silinder. Anda bisa menggunakan repair kit untuk melakukan penggantian.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi