Kenali Long Covid-19, Gejala yang Bisa Bertahan Lama

Icon CameraKevi Laras
Minggu 02 Oktober 2022 15:11 WIB
Kenali Long Covid-19, Gejala yang Bisa Bertahan Lama
Gejala long Covid-19 yg harus diketahui. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Long Covid-19 atau Covid-19 berkepanjangan bisa menyerang berbagai usia dari anak-anak hingga lanjut usia (lansia).Ā Sebuah studi dari Journal of Infection menetapkan 'gejala sisa' dari Covid-19 yang dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Melansir Times of India, Minggu (2/10/2022) peneliti menemukan bahwa 37 persen menunjukkan setidaknya empat gejala dan 42 persen melaporkan gejala yang berlangsung selama lebih dari 28 hari. Selain itu, 20 persen pasien masih tanpa gejala pada bulan kesembilan dengan dua gejala klasik Covid-19.

Berikut dua gejala yang lazimnya dialami bagi pasien long Covid-19:

Gejala Pasien Long Covid-19

1. Kelelahan dan Sesak Napas

Dalam studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Infection menemukan kelelahan dan sesak napas merupakan gejala umum, yang berlangsung lama pada sekitar 20 persen peserta, lazimnya 9 bulan setelah pemulihan.

2. Tekanan Psikologi

Selain itu, penelitian juga mencatat sebanyak 18 persen pasien tidak kembali ke kesehatan fisik pra-Covid yang optimal, 19 persen melaporkan tekanan psikologis selama bulan kesembilan.

Sehubungan dengan gejala dan durasi Covid-19 yang lama, penelitian juga menemukan faktor risiko tertentu bagi usia 50 tahun ke atas. Menurut para peneliti, pasien usia 50 tahun lebih membutuhkan rawat inap, dan menunjukkan empat atau lebih gejala menetap beberapa bulan setelah pemulihan.

Ā 

1
/
2