Kenali Penyebab Anak Suka Melamun, Apakah Ini Normal Terjadi?

Icon CameraWiwie Heriyani
Minggu 20 November 2022 17:54 WIB
Kenali Penyebab Anak Suka Melamun, Apakah Ini Normal Terjadi?
Penyebab anak suka melamun, ada banyak faktor dan alasannya yang harus bunda ketahui. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab anak suka melamun, tentunya sangat beragam. Umumnya mereka memiliki karakter yang ceria dan aktif dan tidak bisa diam. 

Namun, ada juga beberapa anak yang cenderung pendiam, penyendiri dan suka melamun.

Orangtua kerap kali merasa khawatir jika melihat anak sering melamun dan langsung dikaitkan dengan tingkat kecerdasan yang lebih rendah. Padahal, belum tentu demikian. 

Lantas, perlukan orangtua mengkwatirkan kondisi anak yang kerap melamun? 

Sebenarnya, melamun bisa terjadi pada anak-anak akibat adanya pengalihan dalam pikiran mereka dan ini normal serta tak perlu dikhawatirkan. Namun, anak yang sering melamun bisa juga menandakan adanya kelainan atau penyakit.

Lalu, kapan bengong pada anak masih dianggap normal? Melamun bisa terjadi pada anak yang masih kecil (batita) atau anak yang berusia lebih besar (anak usia sekolah). 

Pada batita, bermenung sering terjadi dan ini masih merupakan hal yang wajar. 

Lamunan tersebut merupakan waktu peralihan antara satu stimulasi dengan stimulasi lainnya, atau antara satu suasana dengan suasana lainnya. Ini karena otak batita memerlukan waktu untuk memproses dua hal yang berbeda.

Pada usia sekolah, anak juga bisa melamun saat sedang berpikir, misalnya saat mengerjakan tugas atau ujian. Memandang kosong ke arah tertentu merupakan cara bagi anak untuk mengumpulkan kembali memori dari pelajaran yang telah dia terima sebelumnya, sehingga dapat membantunya menjawab pertanyaan dengan benar. 

Sebuah studi baru bahkan menyebut bahwa lamunan "positif konstruktif" pada anak tidak terkait dengan gangguan mental apapun dan justru merupakan aktivitas yang sangat normal pada seorang anak yang memiliki daya imajinatif yang tinggi. 

Namun, para orangtua perlu mewaspadai jika melihat anak melamun secara berlebihan. Berikut beberapa penyebabnya.

 

1
/
2