Kenali Penyebab Jerawat, Masalah Kulit yang Paling Meresahkan

Siska Permata Sari
Jumat 22 Juli 2022 17:04 WIB
Kenali Penyebab Jerawat, Masalah Kulit yang Paling Meresahkan
Penyebab jerawat. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang, baik bagi wanita atau pria.

Berdasarkan studi, delapan dari sepuluh perempuan di Indonesia pernah mengalami jerawat, paling tidak satu kali dalam sebulan. Hal ini dipertambah dengan kata jerawat yang menjadi tren pencarian masalah kulit terbanyak di mesin pencarian digital. 

Terlebih, di masa pandemi seperti sekarang, di mana muncul tren ‘Maskne’ alias mask acne, yaitu jerawat yang muncul di area kulit wajah yang tertutup masker. Kata kunci ‘Maskne’ ini juga diketahui telah naik sebanyak tujuh kali lipat.

Dokter kulit dan content creator, dr Danar Wicaksono,MSc, SpDV menjelaskan penyebab terjadinya jerawat pada kulit. 

Dia mengatakan, jerawat merupakan gangguan pada folikel rambut dan kelenjar minyak atau sebum yang terjadi karena produksi sebum berlebih dan sumbatan muara kelenjar sehingga terjadi penumpukan sebum. 

“Setelah itu, bakteri penyebab jerawat atau C.acnes akan berkoloni pada sumbatan tersebut dan memperparah peradagangan yang sebenarnya sudah terjadi dari proses sebelumnya,” kata dr Danar Wicaksono seperti dikutip dari siaran pers pada Jumat (22/7/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, jerawat dapat muncul dalam berbagai bentuk. Mulai dari yang ringan seperti komedo sampai yang parah dan menyerupai bisul. 

“Namun, bentuk paling sering biasanya ditandai dengan benjolan kecil berwarna kemerahan yang terkadang berisi nanah,” ujarnya.

Selain penumpukan sebum serta bakteri penyebab jerawat, ada pula sejumlah kondisi yang bisa memicu masalah kulit tersebut. 

“Ada beberapa kondisi yang memicu munculnya jerawat. Di antaranya, faktor genetik, penyakit lain yang mendasari, hormon, penggunaan kosmetik, atau, makan makanan tertentu, dan stress yang mempengaruhi gaya hidup seseorang,” kata dr Danar.

Editor : Tia Ayunita