Kendaraan Listrik dan Bahan Bakar Minyak, Mana Lebih Irit?

Mochamad Rizky Fauzan
Selasa 20 September 2022 08:42 WIB
Kendaraan Listrik dan Bahan Bakar Minyak, Mana Lebih Irit?
Kendaraan listrik dan bahan bakar minyak, mana lebih irit (celebrities.id/Ilustrasi/Dok Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah terus menggenjot penggunaan kendaraan mobil atau motor dengan tenaga listrik. Lantas, manakah lebih irit, kendaraan dengan menggunakan listrik atau dengan Bahan Bakar Minyak (BBM)? Berikut jawaban tepatnya.  

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Perhubungan saat ini tengah melakukan evaluasi pelaksanaan program konversi motor listrik, dan usulan penyampaian terkait guna mendukung pelaksanaan secara masif.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwasanya saat ini baru ada 120 unit kendaraan motor yang dikonversi, dan akan dilakukan uji coba dengan jarak 10 ribu km. Adapun komponen yang dikonversi berasal dari komponen impor dan komponen dalam negeri.

"Ini masih tahap pilot project, kita sudah ada 120 unit yang dikonversi sekarang ini dan sekarang sedang diuji coba untuk jarak 10 ribu km yang sedang diuji coba dalam proses jalan, kemudian komponen-komponen apa yang dibutuhkan di sebelah kanan komponen luar negeri dan yang kiri komponen bikinan dalam negeri," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif di Kementerian ESDM, Senin (19/9/2022).

 

1
/
2