Keramas Setiap Hari Dapat Merusak Rambut, Ini Penjelasannya

Kiki Oktaliani
Rabu 21 September 2022 23:42 WIB
Keramas Setiap Hari Dapat Merusak Rambut, Ini Penjelasannya
Keramas Setiap Hari Dapat Merusak Rambut, Ini Penjelasannya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Menjaga kebersihan tubuh sangat dianjurkan, salah satunya dengan keramas. Namun, mencuci rambut setiap hari bukanlah hal yang baik.

Terlalu sering keramas secara tidak langsung mengganggu keseimbangan alami tubuh dari minyak yang dihasilkan kulit kepala yang dapat membantu melembabkan.

Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Departmen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, dr. Joshua Zeichner pun menjelaskan bahayanya.

“Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan yang sebenarnya pada rambut, seta membuat rambut kering dan rapuh yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala,” tutur dr. Joshua, mengutip Healthline, Rabu (21/9/2022).

Berbeda dengan dr. Joshua, Ahli Kimia Kosmetik pendiri Beauty Brains, Perry Romanowski mengatakan proses ketika melakukan gerakan ketika berkeramas atau kondisioner pada rambut dapat merusak kutikula rambut (lapisan luar). Ketika rambut kering, akan sulit disisir dan meningkatkan kemungkinan rambut bercabang.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut? Idealnya untuk mencuci rambut kembali disesuaikan oleh jenis rambutnya. Jika kamu memiliki tipe rambut yang berminyak mungkin perlu dicuci setiap dua hingga tiga hari, sedangkan untuk rambut kering hanya perlu dicuci satu sampai dua kali seminggu.

Selain kedua jenis rambut ini, menurut Romanowski rambut yang diwarnai harus lebih jarang dicuci, untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu menggunakan formula pelembab bebas sulfat. Dengan membiarkan rambut beberapa hari sebelum dicuci akan memberi minyak alami pada rambut dan membiarkannya melakukan tugasanya yang bertujuan untuk menjaga rambut anda tetap sehat.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra