Kerap Disepelekan, Dosa Ghibah Ternyata Lebih Berat dari Riba

Ayuningtyas Notomihardjo
Rabu 15 September 2021 05:31 WIB
Kerap Disepelekan, Dosa Ghibah Ternyata Lebih Berat dari Riba
Kecanggihan teknologi kerap menjadi sarana untuk memulai gosip. (Foto: celebrities.id/ilustrasi Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ghibah atau gosip menjadikan seseorang menambah dosa. Terlebih, orang yang melakukan pergunjingan itu akan mendapatkan dosa lebih berat dari riba.

Kendati demikian, banyak manusia yang tidak paham dengan hal tersebut. Pasalnya, menggunjing dan membicarakan orang lain dianggap bisa dan sepele.

Mengutip dari video akun TikTok @tausiyahku, Selasa (14/9/2021), Ustadz Khalid Basalamah menyatakan pergunjingan diibaratkan dengan adu mulut. Dalam video tausiah itu dijelaskan lebih baik meninggalkan teman yang memiliki sifat fitnah seperti gunjing dan gosip soal aib.

Akan tetapi, hal tidak disangka-sangka, Anda akan memeroleh dosa yang jauh lebih besar daripada riba. Namun, sebagian besar muslim, masih menyepelekan hal tersebut.

Kenyataannya masih banyak orang yang asyik membicarakan aib orang lain baik di majelis ataupun di media sosial. Ini adalah musibah yang menimpa agama seseorang menjadi dipertanyakan.

Karena perbuatan tersebut dapat merusak amalan, bahkan mencukur agamanya. Ditambah perbuatan itu juga dapat merusak hubungannya dengan sesama muslim.

Editor : Dhita Seftiawan

Topik Terkait