Keren! Astronom Ini Mampu Ambil Gambar Bulan secara Detail dari Bumi, Gunakan Teleskop Green Bank

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Rabu 18 Januari 2023 22:26 WIB
Keren! Astronom Ini Mampu Ambil Gambar Bulan secara Detail dari Bumi, Gunakan Teleskop Green Bank
Astronom ini mampu ambil gambar bulan secara detail dari bumi. (Foto: celebrities.id/PIXABAY)

JAKARTA, celebrities.id - Sejumlah astronom berhasil mengambil gambar Bulan dan bumi yang paling detail dalam sejarah. Hal ini bisa dilakukan dengan perangkat canggih terbaru.

Yup, perangkat terbaru itu bernama Teleskop Green Bank, menggunakan pemancar radar berdaya rendah untuk menangkap data bersama dengan Very Long Baseline Array (VLBA), hingga menunjukan kawah Tycho Bula dalam resolusi lima meter.

Kedua perangkat yang merupakan bagian dari observatorium prototipe terbaru dari National Science Foundation, akan memungkinkan sistem radar generasi berikutnya untuk mempelajari planet, bulan, dan asteroid di tata surya.

Seperti dilansir laman bgr, Rabu (18/1/2023), gambar baru bulan yang paling detail yang pernah diambil dari bumi itu sebagai batu loncatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tata surya.

Selain itu, adanya gambar tersebut juga bisa untuk membantu mengembangkan cara yang lebih baik untuk menentukan ke mana arah asteroid bila menuju Bumi, dan seberapa besar risiko yang ditimbulkannya bagi manusia di Bumi.

Pemancar yang diuji mampu menghasilkan daya output hingga 700 watt pada 13,9 GHz.

Hal itu ditujukan ke permukaan Bulan dan menerima gema yang membantu menggambarkan kawah Tycho.

Hal tersebut memungkinkan observatorium untuk menangkap detail yang bia kamu lihat pada sebuah gambar, dan menggunakan daya yang masih masuk akal.

Salah satu yang cukup mengesankan, Teleskop Green Bank tidak hanya mampu mengambil gambar Bulan paling detail yang pernah diambil dari Bumi, tetapi juga dapat melakukannya dengan menggunakan daya yang irit.

Namun, upaya yang dilakukan oleh National Science Foundation tidak sampai disitu. Karena, organisasi tersebut berencana untuk membuat sistem yang akan menggunakan penangkapan radar planet Ku-band berkekuatan 500 kilowatt, hampir 1.000 kali daya keluaran sistem uji.

Pihak National Science Foundation mengatakan, bahwa sistem tersebut bisa berfungsi di garis depan rencana pertahanan planet, guna mendeteksi, melacak, dan mengkarakterisasi asteroid yang berpotensi berbahaya di masa depan.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News