Keren! Batavia Madrigal Berhasil Menjuarai European Grand Prix for Choral Singing 2022 di Prancis

Ahmad Haidir
Minggu 19 Juni 2022 20:16 WIB
Keren! Batavia Madrigal Berhasil Menjuarai European Grand Prix for Choral Singing 2022 di Prancis
Batavia Madrigal menangkan European Grand Prix for Choral Singing 2022 di Prancis. (Foto: celebrities.id/Ahmad Haidir)

JAKARTA, celebrities.id – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan anak bangsa di kancah Internasional. 

Kali ini, ada kelompok paduan suara asal Jakarta yakni Batavia Madrigal Singer (BMS) yang berhasil menjuarai 31st European Grand Prix (EGP) for Choral Singing di kota Tours, Prancis, yang diumumkan dini hari tadi pada pukul 04.00 WIB atau hari Sabtu (18/6/2022) jam 23.00 waktu setempat. 

Untuk diketahui, EGP merupakan kompetisi paduan suara tertua di dunia sekaligus salah satu yang paling prestisius dimana mempertandingkan para pemenang atau juara umum dari enam kompetisi choir paling bergengsi di Eropa.

BMS pun dapat terpilih tampil pada ajang EGP 2022 seiring dengan keberhasilan mereka di tahun 2019 yang lalu saat menjadi juara umum dalam salah satu dari 6 kompetisi tersebut yakni Certamen Coral de Tolosa (Tolosa Choral Competition) di Spanyol. 

Pada European Grand Prix 2022, BMS diperkuat oleh 44 orang penyanyi dan 1 pianis yang dikonduktori oleh maestro musik klasik tanah air yakni Avip Priatna dan membawakan enam buah karya dari 3 zaman berbeda dengan durasi waktu 22 - 26 menit.

BMS berhasil menjadi juara setelah menang melawan 3 paduan suara lainnya yaitu Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajaran dari Indonesia, Jāzeps Vitols Latvian Music Academy Mixed Choir dari Latvia dan Choir SOLA of the Latvian Academy of Culture yang juga dari Latvia.

“Saya mewakili BMS mengucapkan syukur kepada Tuhan YME dan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung partisipasi kami sehingga berhasil menjadi juara di 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 ini,” ujar Avip Priatna melalui keterangan tertulis, Minggu (19/6/2022). 

Adapun BMS berhasil meyakinkan 7 orang juri dari berbagai negara yang menjadi dewan penilai yakni Brady Allred seorang konduktor dari Salt Lake City, Amerika Serikat ; Martina Batič konduktor dari Slovenia; Roland Hayrabedian konduktor dari Perancis; Simon Kim Phipps konduktor dari Inggris; Mikael Wedar sosok konduktor dari Swedia, dan Adrian Pop seorang komposer dari Rumania.

Editor : Hadits Abdillah