Keren! Desainer Nita Senoadji Lestarikan Kain Wastra lewat Bordir, Ciptakan Batik Corona Karya Anak-Anak Kebutuhan Khusus

Syifa Fauziah
Sabtu 30 Juli 2022 22:35 WIB
Keren! Desainer Nita Senoadji Lestarikan Kain Wastra lewat Bordir, Ciptakan Batik Corona Karya Anak-Anak Kebutuhan Khusus
Desainer Nita Senoadji lestarikan Kain wastra lewat bordir. (Foto: celebrities.id/Syifa Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Acara Jaga Warisan Nusantara atau lebih populer dengan nama Jagantara menghadirkan banyak desainer lokal untuk unjuk gigi membuat karya terbaiknya.

Salah satunya adalah desainer Nita Senoadji. Dia membuat koleksi yang mengusung kain wastra Indonesia.

“Saya tertarik terlibat dalam acara ini karena ini cara saya bagaimana mempertahankan warisan busana, seni tenun atau wastra indonesia. Kita ini generasi yang mau mencari generasi penerus untuk membina anak-anak muda supaya mencintai wastra, itu tujuan saya,” ujar Nita, Sabtu (30/7/2022). 

Koleksi miliki Nita ini memang cukup berbeda, sebab dia mengangkat motif kain wastra Indonesia yang diaplikasikan dalam bentuk bordir. 

“Saya mau mewakili kalau wastra ini tidak sedikit. Enggak hanya batik saja tapi tenun daerah. Walau belum semua tapi dalam satu bulan ini bisa mewakili beberapa provinsi dan daerah yang punya wastra tenun atau batik sehingga kita bisa memberikan informasi ke masyarakat, kalau wadah WBI ini untuk melestarikan wastra Indonesia,” tuturnya. 

Nita menjelaskan untuk membuat semua koleksinya ini membutuhkan waktu yang sangat panjang. Apalagi dia melakukan proses bordir yang pengerjaannya juga cukup lama.

“Jadi dikoleksi ini saya lebih menceritakan tentang wastra itu sendiri. Kaya ada motif lereng, terus ada bunga yang dari NTT dan NTB, ada juga flora dan fauna yang dilestarikan oleh DKI Jakarta dan sudah masuk undang-undang. Jadi kita buat dalam bentuk bordir,” katanya. 

“Prosesnya tergantung, karena ada pengerjaan yang membutuhkan proses. Dua minggu satu baju. Kita juga angkat batik anak-anak yang berkebutuhan khusus. Batik corona dari anak-anak itu kita support. Batik corona, setiap desainer membuat dan saya wakilkan saya buat  hiasan bordir yang menggambarkan anak-anak, mewakili mereka yang menggambar batik corona ini,” ucapnya lagi. 

 

1
/
2