Keren! Inilah Harley Moss, Pengacara dengan Spektrum Autisme Pertama seperti di Drama Extraordinary Attorney Woo

Novita Sari
Kamis 21 Juli 2022 15:22 WIB
Keren! Inilah Harley Moss, Pengacara dengan Spektrum Autisme Pertama seperti di Drama Extraordinary Attorney Woo
Respons Harley Moss pengacara dengan spektrum autisme pertama Florida tentang Extraordinary Attorney Woo. (Foto: celebrities.id/Allkpop)

JAKARTA, celebrities.id - Herley Moss adalah seorang pengacara dengan spektrum autisme pertama di Florida. Rupanya, dia ikut nonton drama Korea (Drakor) Extraordinary Attorney Woo yang tengah menerima pujian dari para penonton, bukan hanya di Korea Selatan tetapi dunia.

Drama yang menceritakan tentang pengacara bernama Woo Young Woo yang memiliki spektrum autisme itu memang menarik diikuti. Rupanya, Harley Moss juga ikut memberikan pujian dari penggamabaran karakter Woo Young Woo dengan apa yang dia rasakan sebagai seorang dengan spektrum autisme dan pengacara.

Extraordinary Attorney Woo yang diperankan oleh Park Eun Bin di Korea Selatan merupakan drama yang menceritakan mengenai seorang pengacara autisme pertama yang hadir. Plot yang mereka suguhkan juga unik dan menyegarkan. Segala pujian untuk drama itu juga membuatnya dengan cepat tersebar ke belahan dunia dengan beragam ekspresi hangat yang diberikan penonton.

Meski demikian, ada beberapa netizen yang merasa bahwa penggambaran autisme yang dihadirkan di dalam drama sangat berlebihan dan kekanak-kanakan. Namun, tak sedikit juga yang turut berkomentar bahwa penggambaran Woo Young Woo sangat apik dan nampak seperti pada autisme yang terjadi pada mereka.

Beberapa lainnya menginginkan Extraordinary Attorney Woo untuk lebih merepresentasikan rasa empati di dalam karakter tersebut.

Hingga akhirnya, Haley Moss, seorang pengacara di Florida mengungkapkan bagaimana Extraordinary Attorney Woo ini sudah cukup memberikan gambaran yang baik dalam memperlihatkan orang autisme seperti dirinya.

“Beberapa orang yang memiliki anak autistik cenderung memperlakukanku seperti anak kecil, bukan malah menganggapku seperti rekannya. Meskipun kami datang dari sekolah hukum yang sama, melewati beragam ujian hingga memenuhi syarat sebagai pengacara, saya masih sering merasa bahwa saya harus bekerja ekstra untuk mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama seperti kebanyakan orang lainnya,” ujar Moss, dikutip dari Koreaboo, Kamis (21/7/2022).

Stigma yang terbentuk juga berdampak kepada beberapa rekan yang seringkali menilai kemampuannya berdasar kesulitan sensorik dan memiliki prioritas yang berbeda. 

Harley Moss, pengacara autistik Florida pertama beri komentar tentang Extraordinary Attorney Woo. (Foto: celebrities.id/Allkpop)

Sama halnya dengan Woo Young Woo yang selalu menggunakan head-phone peredam, Moss juga kerap mengenakannya untuk mengurangi kebisingan ketika sedang berjalan.

“Saya sangat sensitif dengan suara, sehingga saya selalu menggunakan head-phone peredam bising seperti yang digunakan oleh Woo Young Woo di drama. Mendengar suara tangisan dan teriakan anak kecil membuatku panik. Dengan sensorik yang berlebihan, hal ini membuatku gemetar untuk menghadapi kebisingan itu. Hingga akhirnya aku akan mengucap kalimat seperti, ‘Aku harus keluar dari sini.’ dan mencari tempat yang lebih tenang,” ujar Haley Moss lagi saat menjabarkan perasaan yang dirasakannya.

Dengan kesamaan yang dimiliki keduanya terhadap sensitivitas suara, Haley juga menemukan bahwa Woo Young Woo sangat menggambarkan dirinya dalam ketidakbisaannya dalam memakan jenis makanan selain gimbap. 

"Woo Young Woo memakan jenis makanan yang sama setiap hari, dan aku juga begitu. Lalu, obsesinya dengan ikan paus, aku juga merasakannya!" tuturnya lagi.

“Kesukaannya terhadap paus benar-benar membuatnya nampak sangat senang, begitu juga aku dengan kegiatan menggambarku,” kata Moss menambahkan.

Haley Moss turut menemukan bahwa Extraordinary Attorney Woo juga memperlihatkan pengalamannya sebagai pengacara. Dengan kemampuan mengingatnya yang luar biasa, dia merasa bahwa kelebihannya ini membuat dirinya mudah untuk terhubung dengan klien yang memiliki pengalaman serupa dengan dirinya.

“Kepada orang-orang yang memiliki pengalaman yang sama denganku cenderung lebih mudah percaya kepadaku. Saya lebih mudah untuk mengerti perasaannya dengan baik melebihi pengacara selain aku. Dan, aku akan membedah permasalahan satu per satu ketika sedang membicarakan kasus yang akan saya tangani bersama klien, yang membuat mereka lebih memahami kasusnya lebih baik,” ucapnya.

Secara keseluruhan, Haley Moss bersyukur bahwa drama Extraordinary Attorney Woo sangat menyoroti pengalaman langsung orang-orang sepertinya. Terutama hal itu dilakukan tanpa menjadikan Woo Young Woo sebagai figur yang 'mengajarkan' penonton tentang autisme.

“Di dalam drama, Woo membuat kesalahan, belajar dan tumbuh bersama dengan orang-orang di sekitarnya. Apa yang biasanya terjadi di media adalah bagaimana kita fokus pada orang autis yang tidak tampak seperti manusia pada umumnya. Kami jarang mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang sama,” tuturnya.

Tapi, tentu saja selalu ada ruang untuk perbaikan! Di masa depan, dia ingin melihat lebih banyak orang autis terlibat dalam produksi acara semacam itu sehingga mereka bisa lebih otentik. Kabarnya, akan ada remake Amerika dari pertunjukan drama yang sama, semoga tanggapan dari Haley Moss akan dipertimbangkan dengan baik.

Begitulah tanggapan Haley Moss sebagai seorang pengacara autis pertama di Florida. Nantikan kisah selebriti lainnya hanya di celebrities.id

Editor : Lisvi Padlilah