Keren! Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani asal Buton saat Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Icon CameraArie Dwi Satrio
Rabu 17 Agustus 2022 19:44 WIB
Keren! Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani asal Buton saat Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Dolomani asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI. (Foto: celebrities.id/Ari Dwi Satrio)

JAKARTA, celebrities.id - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, diwarnai dengan beragam baju adat dari berbagai daerah. Mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga para menterinya, tampak meriah dengan pakaian adat yang dipilihnya.

Presiden Jokowi sendiri mengenakan baju adat Dolomani asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kemudian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terlihat mengenakan baju adat dari Provinsi Kalimantan Timur. Budi sengaja memilih baju adat tersebut sebagai persiapan perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Ini buat siap-siap jadi kalau nanti pindah ke Kalimantan Timur sudah tahu mesti pakai baju apa," ujar Menkes Budi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).

Selain Menkes Budi, ada pula Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang datang dengan menggunakan baju adat Bali. Luhut beralasan pemilihan baju adat tersebut sebagai upaya mendukung pagelaran KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang.

"Baju adat Bali, istri saya yang inisiasi dia bilang karena nanti mau G20, kita pakai baju Bali saja," kata Menko Luhut.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memilih menggunakan baju adat dari Suku Sasak, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia memilih baju adat tersebut sebagai dukungan terhadap destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan pemerintah di Lombok, NTB.

"Saya kira Lombok sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh Pak Jokowi, saya sebagai pembantu presiden yang memperbaiki, merenovasi semua infrastruktur di Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, dan di Kupang. Jadi saya ikut sedikit mempromosikan Lombok, Mandalika," ucap Basuki.

 

1
/
2