Keren! Tingkat Kedisiplinan Pengendara di Singapura Tinggi, Bunyi Klakson Kendaraan Nyaris Tidak Terdengar

Adi Haryanto
Kamis 22 September 2022 07:46 WIB
Keren! Tingkat Kedisiplinan Pengendara di Singapura Tinggi, Bunyi Klakson Kendaraan Nyaris Tidak Terdengar
Singapura hampir tidak terdengar suara klakson. (MPI/Adi Haryanto)

SINGAPURA, celebrities.id - Singapura merupakan salah satu negara kosmopolitan dan salah satu negara yang perekonomiannya maju di Asia Tenggara. Meskipun tidak memiliki sumber daya alam yang besar, namun negara dengan luas hanya 722,5 kilometer persegi ini mampu mengoptimalkan sumber daya manusia dengan maksimal. 

Hal itu tidak lepas dari kedisiplinan dan effort dari warga Singapura dalam bekerja yang juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk juga dalam berkendara di jalan raya, dimana warganya begitu disiplin dan sangat menghargai satu sama lain terutama pejalan kaki. 

Itulah sebabnya pedestrian di negara yang sedikit lebih luas dari Jakarta dan kalah jauh dibandingkan Jawa Barat ini, sangat tertata dan lebar-lebar. Hal itu untuk memberikan ruang kepada warganya untuk bebas berjalan kaki tanpa terhalang oleh parkir motor dan mobil, atau pedagang kaki lima. 

Sementara untuk penyeberangan jalan pun, tertata dengan rapih. Warga benar-benar harus menyeberang di zebra cross dan menunggu traffict light bagi kendaraan berwarna merah untuk menyeberang. Menjadi harga mati pagi pengemudi kendaraan untuk berhenti dan tidak nyelonong melabrak  lampu merah. 

Kedisiplinan para pengendara itu sudah sangat teruji, mengingat di setiap persimpangan jalan ataupun titik-titik keramaian tidak terlihat ada polisi yang berjaga. Bahkan saking tolerannya pengemudi kendaraan, nyaris tidak pernah terdengar suara klakson tat-tit tat-tit yang menyala ke pengguna kendaraan lain atau ke pejalan kaki. 

"Nyaris gak pernah terdengar ada suara klakson di sini, pengemudi kendaraan dan warganya sungguh-sungguh disiplin," kata Debora Prescillia, Associate Director APRW Indonesia yang mendampingi sejumlah perwakilan jurnalis asal Indonesia di Singapura, Kamis (22/9/2022). 

 

1
/
2