9 Kesalahan Pengemudi Pemula saat Membawa Mobil, Nomor 1 Tidak Berkonsentrasi Penuh

Iqbal Widiarko
Selasa 21 Juni 2022 16:15 WIB
9 Kesalahan Pengemudi Pemula saat Membawa Mobil, Nomor 1 Tidak Berkonsentrasi Penuh
Beberapa kesalahan pengemudi pemula saat membawa mobil perlu dihindari agar selamat sampai tujuan. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kesalahan pengemudi pemula saat membawa mobil dapat menjadi perhatian bagi kamu yang hendak atau sedang dalam masa latihan rutin membawa mobil di jalanan umum. 

Para pengemudi pemula kebanyakan melakukan kesalahan-kesalahan umum saat membawa mobil karena belum terlalu paham tentang sistem transmisi, kendali mobil dan area wilayah sekitar bodi mobil.

Beberapa peristiwa kecelakaan juga terjadi karena pengemudi yang kurang tanggap dalam menghadapi situasi atau medan di jalan. Tak jarang, pengemudi yang sudah mempunyai jam terbang lama juga terkadang masih melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu.

Di samping karena kurangnya pengalaman mengendarai mobil, kesalahan pengemudi pemula biasanya juga disebabkan karena mengabaikan beberapa hal yang penting seperti rambu lalu lintas. Kamu juga dapat mempercepat kemampuan dalam mengemudi mobil dengan cara berlatih secara rutin bersama pengemudi yang lebih berpengalaman.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022), celebrities.id telah merangkum kesalahan pengemudi pemula saat membawa mobil, berikut ulasannya.

Kesalahan Pengemudi Pemula saat Membawa Mobil

Mengutip dari laman web Toyota Astra, berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengemudi pemula saat membawa mobil, diantaranya:

1. Tidak Berkonsentrasi Penuh

Untuk seorang pengendara pemula, kegiatan mengemudi merupakan hal yang cukup melatih kondisi mental. Seorang pengemudi perlu memperkirakan panjang dan lebar bodi mobil yang dikemudikannya supaya tidak keluar lajur atau menabrak mobil atau benda lain di sekitarnya.

Pengendara pemula justru terlalu fokus pada injakan gas dan memperhatikan hanya bagian depan mobil sehingga terkadang lalai mengecek kondisi di sekelilingnya.

2. Cenderung Lebih Panik

Kebanyakan pengendara pemula panik saat terdapat kendaraan lain yang menyalip atau ketika menghadapi tanjakan dan kendaraannya tiba-tiba mati.

Kondisi panik tersebut malah makin membahayakan diri pengendara dan tentunya pengendara lain di sekitar. Usahakan tenang, sebab biasanya pengemudi lain akan membantu kamu ketika kendaraanmu tiba-tiba mati atau bermasalah.

3. Tidak Memahami Sistem Kopling

Pengendara pemula wajib memperhatikan kondisi mesin, perpindahan gigi, juga sistem penggantian kopling. Terlalu lama dalam menekan kopling juga dapat berdampak buruk pada kendaraan pribadi kamu.

Disamping dapat menyebabkan kopling menjadi lebih cepat aus, terlalu lama menahan kopling ketika berhenti juga dapat membuat kaki kita terasa pegal.

 

1
/
3