Ketahui Manfaat Daun Ruku-Ruku, Tanaman Herbal Penguat Imunitas 

Icon CameraNovie Fauziah
Rabu 14 September 2022 22:29 WIB
Ketahui Manfaat Daun Ruku-Ruku, Tanaman Herbal Penguat Imunitas 
Ketahui manfaat daun ruku-ruku. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Holy basil atau populer dinamakan daun ruku-ruku, merupakan salah satu tanaman herbal yang diklaim memiliki banyak manfaat, khususnya menjaga dan meningkatkan imun pada tubuh.

Bahkan sejak dulu, ruku-ruku sudah digunakan dalam teknik pengobatan ayurveda di India. Sekilas daun ini mirip dengan kemangi, namun dari rasa dan aromanya berbeda.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Interventional Pulmonologis mengatakan, sebagai imunomodulator daun ruku-ruku dipercaya mampu mengoptimalkan sistem respons imun, memengaruhi sel imun spesifik.

Selain itu, daun ruku-ruku juga dapat membantu mendorong imunitas seluler. Antara lain berkomunikasi dengan sel-T dan mengarahkan sel-sel pembunuh alami (sel NK), serta meningkatkan aktivitas secara langsung membunuh sel-sel yang terinfeksi.

"Juga mampu menyeimbangkan produksi antibodi dan mengaktifkan mekanisme pertahanan alami tubuh, atau disebut dengan imunitas bawaan," katanya saat konferensi pers Nutrilite I-Defense Amway, di bilangan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

 

1
/
2