Keunikan Alat Musik Angklung, Simak Cara Memainkannya 

Laras Dwi Sasmita
Senin 25 April 2022 15:28 WIB
Keunikan Alat Musik Angklung, Simak Cara Memainkannya 
Angklung. (Foto: celebrities.id/Instagram @adityaov2006)

JAKARTA, celebrities.id - Angklung merupakan salah satu alat musik khas Jawa Barat. Keunikan alat musik angklung membuatnya sudah dikenal luas bahkan telah diakui dunia sebagai alat musik khas Indonesia. 

Dalam budaya Sunda, Angklung banyak dipakai sebagai alat musik pengiring acara kebudayaan yang dilaksanakan di tataran Sunda. Angklung juga sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu Angkleung yang berarti gerakan tangan yang menggerakkan alat musik bambu tersebut. 

Penasaran dengan keunikan alat musik Angklung? Simak keunikan alat musik Angklung beserta cara memainkannya. yang dilansir dari berbagai sumber. 

Keunikan Alat Musik Angklung

1. Alat Musik Pemujaan

Alat musik Angklung juga dikenal sebagai alat musik untuk sarana pemujaan kepada Dewi Sri (Nyai Sri Pocachi) pada abad ke 12 sampai abad ke 16. Dalam budaya Sunda Dewi Sri Pocachi dimitoskan sebagai Dewi kesuburan tanah serta pertanian yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Jawa Barat di era tersebut. 

2. Dijadikan Simbol Mata Uang 

Untuk melestarikan rasa cinta terhadap budaya sendiri pada tahun 2020 pemerintan memasukan gambar Angklung kedalam uang koin pecahan Rp1.000. Hal tersebut juga bertujuan agar pemuda bangsa Indonesia mengetahui bahwa Angklung menjadi salah satu alat musik tradisional milik Indonesia yang disukai didunia. 

3. Pakai Bambu Terbaik

Banyak yang tak tahu bahwa untuk membuat alat musik Angklung tidak bisa memakai sembarang bambu. Diperlukan bambu khusus yaitu bambu hitam atau awi wulung (Gigantochloa atter), Bampu Tali (Gigantochloa apus) dan bambu tutul (Banbusa vulgaris).

Bahkan untuk Angklung tersebut menurut kepercayaan masyarakat Sunda, diperlukan waktu tertentu untuk mengambil bambu dari pohon yaitu di waktu pagi (jam 09:00) dan di waktu sore (pukul 14:00-16:00). Dipercaya waktu tersebut dianggap kadar air sedang rendah di dalam pohon bambu.

4. Hari Angklung Sedunia

Alat musik Angklung juga sudah  diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai suatu “Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendari Manusia”, tepatnya pada November tahun 2010. Sejak saat itu UNESCO menetapkan hari Angklung sedunia pada tanggal 16 November.

Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Alat musik angklung merupakan alat musik yang tidak bisa dimainkan oleh sembarang orang, tetapi harus dimainkan secara bertahap dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Langkah pertama yang harus dilakuka adalah mengatur terlebih dahulu posisi dari alat musik tersebut dengan posisi Angklung yang dimainkan dengan keadaan tegak bukan miring. 

Alat musik ikhas Jawa Barat ini mempunyai tabung yang terdiri dari tabung tinggi dan juga tabung rendah. Posisi angklung yang benar adalah tabung yang tinggi diletakkan di bagian kanan, serangan tabung yang rendah diletakkan di sebelah kiri.

Selanjutnya adalah memperhatikan posisi dari tangan. Sampul atas angklung harus dipegang dengan menggunakan tangan kiri, sedangkan tangan kanan digunakan untuk memegang pada bagian bawahnya. Tentunya yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan harus tetap lurus.

Terkahir pemain bisa menggetarkan atau menggoyangkan alat musik ini dengan menggunakan tangan kanan, sedangkan untuk tangan sebelah kiri hanya digunakan untuk memegang. Lalu tangan kanan digerakkan dari kanan kemudian kekiri secara berulang-ulang tentunya gerakan secara cepat dan tepat.

Editor : Tia Ayunita