Keunikan Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya 

Laras Dwi Sasmita
Senin 25 April 2022 14:56 WIB
Keunikan Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya 
Keunikan alat musik tifa. (Foto:freedomsiana)

JAKARTA, celebrities.id - Keunikan alat musik tifa terletak dari cara memainkannya. Tifa merupakan salah satu alat musik tradisional berasal dari daerah Papua dan Maluku. Dibuat dari pohon serta kulit hewan sebagai membran, cara memainkan alat musik tifa pun terbilang unik. 

Instrumen pada alat musik tifa punya bunyi merdu jika ditabuh. Maka tak heran jika tifa menjadi salah satu diantara alat musik tradisional Indonesia yang juga sudah dikenal ke mancanegara. 

Secara umum, fungsi alat musik tifa adalah sebagai instrumen pengiring tarian adat masyarakat Papua dan Maluku. Akan tetapi, jika ditinjau lebih jauh lagi khususnya dalam konteks sosial budaya, fungsi alat musik tifa yakni sebagai bentuk kebesaran kepala suku, sekaligus menjadi alat musik bernilai sakral.

Lantas apakah keunikan dari alat musik Tifa? Simak keunikan alat musik tifa berikut dengan cara memainkannya yang telah dilansir dari berbagai sumber. 

Keunikan Alat Musik Tifa

Alat musik tifa dikategorikan sebagai single-headed frame drum. Instrumen ini biasanya dihiasi oleh ukiran dan corak warna dasar masyarakat Papua, sedangkan di Maluku, tifa dikenal juga dengan sebutan tihal atau tahito.

 

1
/
2