7 Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat, dari Mojang Jajaka hingga Kebaya Sunda

Kevi Laras
Jumat 24 Desember 2021 13:47 WIB
7 Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat, dari Mojang Jajaka hingga Kebaya Sunda
Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat. (Foto: celebrities/Instagram/@richardpapievans)

JAKARTA, celebrities.id - Keunikan pakaian adat Jawa Barat menarik untuk dibahas karena mewakili identitas dari masyarakat yang mendiaminya.

Pakaian adat merupakan busana yang berasal dari berbagai daerah atau wilayah tertentu. Salah satunya, pakaian adat dari Jawa Barat atau lebih dikenal baju adat sunda.

Secara geografis, suku Sunda berada di Pulau Jawa sebelah barat, meliputi Banten dan Jawa Barat. Perwujudan dan penjelasan tentang pakaian Sunda terbagi tiga kelompok strata sosial, yakni rakyat biasa (jelata), menengah dan menak atau bangsawan.

Selain itu, baju Adat Jawa Barat mempunyai beberapa keunikan yang perlu Anda ketahui, berikut tujuh keunikannya dilansir, Jumat (24/12/2021). 

1. Aksesoris Penutup Kepala Untuk Pria (Bendo)

Dikhususkan untuk pria yang dilengkapi dengan aksesoris penutup kepala yang disebut dengan Bendo. Sedangkan untuk pakaian mengenakan jas taqwa yang terbuat dari jenis kain dodot. Aksesoris lainnya adalah keris dan kalung.

2. Celana untuk Pria hanya sampai Betis

Model Celana adat Jawa Barat ini cukup unik, karena panjangnya tidak sampai bawah namun hanya sampai daerah betis dan berbentuk komprang.

3. Aksesoris Ikat Pinggang untuk Wanita (Beuber)

Pakaian Khas Wanita Jawa Barat adalah kebaya dengan mengenakan ikat pinggang yang namanya Beuber. Ikat pinggang ini terbuat dari kain kebat, sedangkan untuk aksesoris lainnya yaitu mahkota dengan rambut yang dihias atau digelung jucung dengan tambahan rangkaian bunga.

4. Jenis Pakaian Berdasarkan Status Sosial

Jawa Barat untuk acara adat biasanya terdapat perbedaan pakaian yang dikenakan oleh setiap orang. Semua tergantung dari status sosialnya mulai dari bangsawan hingga masyarakat pada umumnya.

 

1
/
2