5 Keutamaan Hari Jumat dalam Islam, Jadi Penghapusan Dosa

Hasyim Ashari
Jumat 14 Januari 2022 09:14 WIB
5 Keutamaan Hari Jumat dalam Islam, Jadi Penghapusan Dosa
Keutamaan hari Jumat menurut pandangan Islam harus diisi dengan berbagai amal kebaikan. (celebrities.id/Heru)

JAKARTA, celebrities.idKeutamaan hari Jumat menurut pandangan Islam harus diisi dengan berbagai amal kebaikan.

Hari Jumat merupakan salah satu hari yang banyak keutamaan di baliknya. Meski semua hari dianggap baik, tetapi ada satu yang dianggap paling baik dan istimewa yaitu Jumat. Bahkan, Rasulullah SAW pun sangat memuliakan Jumat.

Keutamaan dan keistimewaan Jumat juga telah disabdakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurrairoh:

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah Hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat,”

Adapun keutamaan hari Jumat yang wajib diketahui bagi umat muslim, berikut ulasannya:

1. Sedekah

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan disbanding dengan bulan-bulan lainnya.

Sementara, hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia disbanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

2. Hari penghapusan dosa

Rasulullah bersabda “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat,” (Hadits Riwayat Bukhari).

 

1
/
2