KH Bahauddin Nursalim Ingatkan soal Membanggakan Diri, Sifat Sombong yang Dibenci Allah

Abdul Razak
Jumat 13 Mei 2022 12:11 WIB
KH Bahauddin Nursalim Ingatkan soal Membanggakan Diri, Sifat Sombong yang Dibenci Allah
Bahauddin Nursalim ingatkan soal membanggakan diri. (Foto: celebrities.id/Instagram @kyaibaha)

JAKARTA, celebrities.id - Sifat bangga biasanya timbul karena adanya kesombongan dalam hati seseorang. Tentunya, sifat sombong bukanlah sesuatu hal yang baik dan dibenci oleh Allah SWT.

Bahkan, Allah juga tidak menyukai orang-orang yang membanggakan dirinya lebih dari apapun. Mengingat, kesombongan hanya milik Allah SWT semata. 

Lalu, bagaimana cara menghilangkan sifat banga diri atau sombong? KH Bahauddin Nursalim mengatakan bahwa cara menghilangkan sifat sombong atau bangga diri suatu yang gampang. Cukup memahami apa yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.

"Caranya supaya hati selamat (dari sifat bangga diri) gampang, apa yang mau dibanggakan? Semuanya sudah ditentukan oleh Allah, diberi, dijadikan, dikasih," ucap KH Baharuddin Nursalim yang dikutip dari akun TikTok @ainulyaqinalhammad, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut, KH Bahauddin Nursalim menjelaskan kalau semua nikmat yang diberikan oleh Allah SWT hanyalah titipan atau sementara. Pada dasarnya, semua umat manusia sudah ditentukan baik dan buruk dalam jalan hidupnya.

"Artinya kita di depan Allah itu hanya dikasih,diberi yang sudah ditentukan oleh Allah SWT," tutur KH Bahauddin Nursalim.

Editor : Endang Oktaviyanti