Khofifah Luncurkan Bus Listrik Merah Putih, Diberi Nama E-Inobus

Lukman Hakim
Kamis 15 September 2022 12:25 WIB
Khofifah Luncurkan Bus Listrik Merah Putih, Diberi Nama E-Inobus
Khofifah Indar Parawansa resmikan bus listrik merah putih E-Inobus. (Foto: celebrities.id/Instagram @khofifah.ip)

SURABAYA, celebrities.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Bus Listrik Merah Putih yang diberi nama Electronik Inovation Bus atau E-Inobus di delan kantor Gubernuran, Jalan Pahlawan Surabaya.

Bus listrik tersebut merupakan prodiksi PT. INKA - Madiun yang dibuat guna mendukung pelaksanaan KTT G-20 di Bali. Selain itu, bus listrik ini rencananya juga akan digunakan untuk mendukung transportasi umum di Jatim. 

"Saya sudah mencoba bus listrik buatan PT. INKA ini. Keren sekali bus listrik ini. Mesinnya halus sekali, keseimbangan busnya juga sangat terasa. Cukup nyaman,” kata Khofifah, Rabu (14/9/2022). 

Usai peluncuran, bus listrik E-Inobus akan langsung dibawa ke Bali untuk melayani mobilitas para delegasi dari seluruh negara yang hadir pada KTT G-20 pada November mendatang. Sementara itu, PT. INKA (Persero) baru memproduksi sebanyak 53 unit bus listrik E-Inobus untuk saat ini dengan rincian sebanyak 30 unit bus di antaranya digunakan untuk mendukung KTT G-20. 

Bus listrik ini memiliki sederet keunggulan, di antaranya bisa menempuh jarak tempuh 160 km sekali pengisian selama 1.5 jam. Selain itu, E-Inobus juga dapat melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam. Untuk perbandingan bahan bakar, E-Inobus menghabiskan Rp1.171 per kilometer (km). Sedangkan bus diesel menghabiskan Rp2.790/km. 

Dari segi perbandingan pemeliharaan dengan ukuran 250 km/hari, E-Inobus menghabiskan Rp3,4 juta, dan Bus diesel Rp6,7 juta. Dengan demikian dari segi pemeliharaan E-Inobus lebih efisien 49 persen dibandingkan bus diesel. Dan dari segi bahan bakar lebih efisien bus listrik ini, lebih efisien sebesar 58 persen. Bus ini bisa di-charge kemudian digunakan 1,5 jam dengan jarak tempuh 160 km.  Dari segi kemampuan membawa penumpang, E-Inobus hanya menyediakan 19 seat. 

 

1
/
2