Kijang Innova Generasi ke-7 Tambahan Nama Zenix, Apa Artinya?

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Senin 21 November 2022 20:43 WIB
Kijang Innova Generasi ke-7 Tambahan Nama Zenix, Apa Artinya?
Kijang Innova Generasi ke-7 Tambahan Nama Zenix. (Foto: celebrities.id/Muhamad Fadli Ramada)

JAKARTA, celebrities.id - Ada hal yang unik dari peluncuran  Kijang Innova generasi ketujuh, yakni disematkan nama Zenix yang rupanya memiliki makna tersendiri.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menjelaskan Toyota menambahkan Zenix pada Kijang Innova generasi terbaru yang juga dibekali dengan varian motor penggerak listrik, semata-mata untuk mencerminkan Kijang Innova baru.

“Jadi itu berasal dari dua kata yaitu Zenith dan X. Jadi, Zenith itu memiliki arti pick performance dan X-nya itu mewakili crossover. Jadi, ini merupakan mobil crossover yang memberikan performa puncak,” ujar Henry dalam peluncuran Kijang Innova Zenix di Grand Hyatt, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Jadi, bisa dikatakan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix merupakan puncak evolusi tertinggi yang masih bertahan selama 45 tahun.

Mobil legendaris itu juga telah melewati beberapa perubahan mulai dari kendaraan komersial menjadi kendaraan keluarga, dan saat ini menuju elektrifikasi.

Kijang Innova generasi terbaru ini tak hanya mengandalkan mesin pembakaran internal, tapi digabungkan dengan teknologi hybrid. 

Ini menambah lini elektrifikasi produsen asal Jepang itu di Indonesia.

Mobil yang debut pada 1977 dengan produk pertamanya kendaraan komersial, generasi terbarunya kini hadir dengan dua varian mesin. 

Toyota memadukan motor penggerak bertenaga baterai demi mengejar efisiensi bahan bakar sekaligus menekan emisi karbon.

Mobil baru Toyota hadir dan dirancang untuk mewujudkan mobilitas yang nyaman dan aman. Ini juga menjadi perwujudan visi Toyota dalam menciptakan mobil yang lebih baik untuk lingkungan yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

“Melalui strategi Multi-Pathway, TAM menyediakan pilihan lengkap teknologi elektrifikasi mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV melalui All New bZ4X,” kata Henry.

Secara total, Henry mengungkapkan TAM telah memiliki 15 line-up elektrifikasi yang telah dipasarkan lebih dari 7.000 unit dan memberikan kontribusi dalam menurukan emisi karbon lebih dari 7.500 ton.

Editor : Imantoko Kurniadi