Kijang Innova Zenix Hybrid Buatan Lokal Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Senin 21 November 2022 17:33 WIB
Kijang Innova Zenix Hybrid Buatan Lokal Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya
Kijang Innova Zenix Hybrid buatan lokal resmi mengaspal di Indonesia. (Foto: celebrities.id/Muhamad Fadli Ramadan)

JAKARTA, celebrities.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi menghadirkan varian elektrifikasi terbarunya, Kijang Innova Zenix Hybrid. Ini merupakan mobil yang dilengkapi dengan teknologi listrik buatan Indonesia.

Kijang Innova Zenix Hybrid hadir setelah Toyota meluncurkan mobil listrik berbasis baterai, bZ4X. Namun, itu merupakan kendaraan listrik yang sepenuhnya dibangun di Jepang atau CBU (Completely Build Up).

Toyota Kijang Innova Zenix merupakan generasi ketujuh dari keluarga Kijang sejak debut pada 1977 sebagai kendaraan komersial. Kini, Kijang menjelma menjadi kendaraan keluarga yang nyaman dan menggunakan teknologi terkini.

“Hari ini kami hadirkan Kijang baru generasi ketujuh All New Kijang Innova Zenix yang inovatif, multipurpose, dan affordable. Ini memberikan pilihan mobilitas terbaru yang sesuai dengan kebutuhan keluarga milenial,” kata Henry Tanoto, Wakil Direktur TAM dalam sambutannya.

Henry menjelaskan bahwa Kijang Innova Zenix yang merupakan mobil hybrid pertama yang diproduksi oleh Toyota di Indonesia. Mobil ini mendapatkan ubahan total pada sisi eksterior, terlihat pada grilnya yang besar.

Kijang Innova Zenix juga telah menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA-C). Itu merupakan sasis monokok yang menggantikan struktur lama, yaitu ladder frame yang juga dipakai pada Fortuner dan Hilux.

Berdasarkan platform tersebut, Toyota Kijang Innova Zenix mengadopsi teknologi Dynamic Force Engine berkode M20A-FKS dengan kapasitas 2.000 cc non-Hybrid, dan M20A-FXS berkubikasi 2.000 cc Hybrid.

Dynamic Force Engine membuat Toyota dapat mengurangi jumlah varian mesin bensin yang dibuat menjadi lima varian. Teknologi ini juga dirancang berdasarkan strategi dalam meningkatkan thermal efficiency mesin.

 

1
/
2