Kiper Italia Gianluigi Donnarumma Jadi Pemain Terbaik, Tampil Memukau di Final Piala Eropa

Quadiliba Al-Farabi
Senin 12 Juli 2021 06:07 WIB
Kiper Timnas Italia Gianluigi Donnarumma hanya kebobolan 4 gol dari 7 pertandingan terakhir Gli Azzurri. (Foto: Reuters)

LONDON, celebrities.id – Kiper Tim Nasional Italia Gianluigi Donnarumma ditahbiskan menjadi Player of the Tournament Piala Eropa 2020. Predikat ini semakin lengkap karena perannya yang memukau membawa Italia menjadi juara mengalahkan Inggris di laga final.

Donnarumma dapat dikatakan menjadi pahlawan bagi Italia selama gelaran Piala Eropa 2020. Ia hanya kebobolan 4 gol dari 7 pertandingan terakhir Gli Azzurri – Julukan Italia-.

Empat gol yang bersarang ke gawang Donnarumma semuanya terjadi ketika Italia memasuki fase penyisihan. Selama 90 menit di masing-masing laga, dia kebobolan satu gol oleh Austria (16 besar), Belgia (perempat final), Spanyol (semifinal), dan Inggris (final). 

Dengan kata lain, sepanjang turnamen ia telah membukukan 3 clean sheet dan 9 penyelamatan gemilang. Selain itu, ia juga menorehkan 27 klaim, 6 tepisan dengan tonjokan, serta tak pernah sekalipun melakukan pelanggaran.

Dalam keseluruhan laga Italia, kiper AC Milan ini selalu dipercaya sang pelatih Roberto Mancini untuk tampil penuh. Tak terkecuali saat laga harus diakhiri perpanjangan waktu hingga babak adu penalti.

Di antaranya, penampilan gemilangnya mampu mengandaskan perlawanan Spanyol di babak drama adu penalti. Ia mampu menepis dua dari empat penendang tim Matador hingga laga berakhir dengan skor 4-2 sekaligus mengantarkan Gli Azzurri ke partai puncak.

 

1
/
2