Kisah Asmara Machica Mochtar, Nikah Siri hingga Memperjuangkan Status Anak 

Siska Permata Sari
Rabu 13 Oktober 2021 21:40 WIB
Kisah Asmara Machica Mochtar, Nikah Siri hingga Memperjuangkan Status Anak 
Di tengah popularitasnya sebagai penyanyi, hubungan asmara Machica Mochtar banyak disorot publik. (Foto: IG @machicamuchtar70)

JAKARTA, celebrities.id - Machica Mochtar terkenal sebagai penyanyi dangdut Tanah Air. Pelantun lagu Ilalang ini sudah mulai terjun ke industri musik sejak era 1980-an dan melejit di era 1990-an.

Di tengah popularitasnya sebagai penyanyi, hubungan asmaranya pun disorot. Bagaimana tidak, saat itu, dia dikabarkan dekat dengan Menteri Sekretaris Negara pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Moerdiono.

Mereka berdua kemudian nikah siri pada 20 Desember 1993. Pernikahan mereka ini menghasilkan satu orang putra yakni Muhammad Iqbal Ramadan yang lahir pada 5 Februari 1996.

Sayangnya, pernikahan Machica Mochtar dan Moerdiono kandas di tahun 1998. Perceraian mereka tersebut diwarnai oleh berbagai drama.

Salah satunya di tahun 2010 saat Machica Mochtar mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) tentang pengakuan anak biologisnya dengan Moerdiono. Sebab sebelumnya pada 2008 keluarga besar Moerdiono mengadakan jumpa pers yang isinya tidak mengakui Iqbal sebagai anak Moerdiono.

Pada 2012, Machica Mochtar menang. Dia merasa lega dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap uji materi undang-undang pernikahan tersebut. 

M Iqbal Ramadan, putra Machica Mochtar. (Foto: IG @macichamochtar70)
M Iqbal Ramadan, putra Machica Mochtar. (Foto: IG @macichamochtar70)
 

1
/
2