Kisah Gautam Adani Jadi Orang Terkaya ke-4 Dunia dengan Harta Rp1.689 Triliun, Geser Bill Gates

Suparjo Ramalan
Minggu 24 Juli 2022 13:06 WIB
Kisah Gautam Adani Jadi Orang Terkaya ke-4 Dunia dengan Harta Rp1.689 Triliun, Geser Bill Gates
Kisah sukses miliarder India, Gautam Adani yang geser Bill Gates. (Foto: celebrities.id/Instagram @gautam.adani)

NEW DELHI, celebrities.id  - Milarder Gautam Adani dinobatkan sebagai orang terkaya India dan Asia. Sedangkan di peringkat dunia, dia masuk peringkat keempat, menggeser nama Bill Gates dari daftar sebelumnya. 

Dalam daftar  Real Time Billionaires Forbes,  Adani tercatat memiliki kekayaan senilai 11w,6 miliar Dollar Amerika atau sekira Rp1.689 triliun! Adani naik ke peringkat empat setelah pendiri Microsoft, Bill Gates menyumbangkan 20 miliar Dollar AS atau sekira Rp300 triliun lewat yayasan amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Adani sendiri meruoakan konglomerat multinasional pemilik Adani Group. Mengutip Sugermint, Adani lahir dalam keluarga Gujarat penganut Jain, pada 24 Juni 1962 di Ahmedabad, Gujarat. Ayahnya adalah seorang pedagang tekstil. 

Orang tuanya kemudian memilih berpindah ke kota lebih besar dan meninggalkan kota kecil Tharad di bagian Utara Gujarat menuju wilayah Ahmedabad. Mereka bermimpi dapat memperbaiki kehidupan keluagra yang lebih baik. 

Adani menuntaskan sekolah tingkat atasnya di SMA Sheth Chimanlal Nagindas Vidyalaya, Ahmedabad. Setelah itu, dia mendaftar kuliah di Universitas Gujarat, akan tetapo menyadari dirinya tidak cocok sebagai akademisi dan memilih berhenti kuliah. 

Sebagai seorang remaja, Adani pindah ke Mumbai, kota impiannya dengan hanya membawa 100 rupee pada 1978. Kemudian, dia bekerja sebagai penyortir berlian untuk Mahendra Brothers selama 2-3 tahun. 

Tak lama, Adani mendirikan perusahaan pialang berlian sendiri di Zaveri Bazaar, pasar perhiasan Mumbai yang tak tertandingi. 

Lalu, Adani dan kakak laki-lakinya, Mansukhbhai Adani, memtuskan untuk membeli unit bisnis plastik di Ahmedabad pada 1981. Dia juga mengajak kakaknya untuk mengelola bisnis tersebut. Sejak 1885, Adani dan kakaknya memulai bisnis impor polimer primer untuk industri primer. Tak sampai tiga tahun, dia membangun bisnis Adani Exports Limited yang jadi perusahaan induk Adani Group. Saat ini, perusahaan itu dikenal sebagai Adani Enterprises Limited, di mana awalnya bergerak di bidang listrik dan komoditas pertanian.

Tak berhenti sampai di situ, Adani Enterprises Limited melebarkan sayap bisnisnya ke bidan, sumber daya, energi, logistik, kedirgantaraan, pertahanan, pertanian, dan lainnya. Sedangkan Adani Exports Limited terlibat dalam pengembangan dan operasi pelabuhan di India. 

 

1
/
2