Kisah Pendaki Pecinta Alam USK Aceh Capai Puncak Gunung Leuser, Kehabisan Makanan 2 Hari

Didik Ardiansyah
Sabtu 15 Januari 2022 17:57 WIB
Kisah Pendaki Pecinta Alam USK Aceh Capai Puncak Gunung Leuser, Kehabisan Makanan 2 Hari
Kisah Pendaki Gunung di Aceh capai Gunung Leuser, kehabisan makanan 2 hari. (Foto: Freepik)

ACEH, celebrities.id - Setelah menempuh perjalanan selama 25 hari, Tim Ekspedisi Gunung Leuser via Dinding Selatan, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pecinta Alam dan lingkungan Hidup (Metalik) USK akhirnya menggapai puncak gunung Leuser pada 4 Januari 2022 di ketinggian 3119 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

“Tim berhasil menjajaki kaki dipuncak Leuser pada pukul 13.00 Wib selasa siang, Seluruh anggota tim sehat” ucap Ketua Tim Pendakian Nopang Putra Ranto, Sabtu (15/1/2022).

Tim pendakian juga berhasil melakukan Komunikasi ke posko utama yang berada di desa Panton Pawoh kecamatan Labuhan Haji Barat kabupaten Aceh Selatan, setelah dua hari hilang komunikasi.

Cuaca ekstrem seperti hujan badai dan kabut tebal serta medan terjal dan juga rapatnya hutan yang menghalangi pandangan dan pergerakan tim mengakibatkan target tim yang awalnya 15 hari mencapai puncak menjadi molor hingga hari ke 25 mencapai puncak leuser.

Keesokan harinya, Rabu (5/1/2022), sekira pukul 01.30 Wib, tim berhasil mencapai puncak Gunung Loser dengan ketinggian 3404 mdpl yang memiliki pilar Triangulasi S.227.

Karena banyaknya rintangan menggapai puncak, tim beberapa kali melakukan manajemen ulang dilapangan terkait jalur pendakian dan strategi untuk mencapai puncak. Manajemen logistik yang sebelumnya telah terencana, berubah pola menyesuaikan dengan logistik tim yang tersisa.  Secara kalkulasi jarak perjalanan, persedian logistik dan perlengkapan, tim seolah mustahil untuk menggapai puncak Leuser dari dinding selatan.

Bahkan posko induk yang berada di desa Panton Pawoh Aceh Selatan sempat memerintahkan tim untuk mundur dari pencapaian puncak Leuser Dinding Selatan. Namun karena pengalaman, semangat, serta mental tim yang masih kuat, tim meminta tetap mengajukan diri untuk menggapai puncak melalui  posko induk dan menempuh jalur pulang via jalur tenggara, dengan perbekalan yang sangat kurang.

 

1
/
2