Kisah Perjuangan Nabi Muhammad di Bulan Rajab, Melawan Kezaliman saat Perang Tabuk

Icon CameraHadits Abdillah
Selasa 24 Januari 2023 20:34 WIB
Kisah Perjuangan Nabi Muhammad di Bulan Rajab, Melawan Kezaliman saat Perang Tabuk
Kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW di bulan Rajab. (Ilustrasi: PIXABAY)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak kisah dan peristiwa yang terjadi di bulan Rajab. Salah satunya perang Tabuk yang terjadi di masa Nabi Muhammad SAW.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin menjelaskan, Perang Tabuk terjadi pada bulan Rajab tahun ke 9 Hijriyah. Nama perang ini diambil dari salah satu wilayah yang terletak di antara Wafi Al-Quro, Nigeria Hijaz dan Syiria.

Lebih lanjut, kata dia, Perang Tabuk adalah masa dimana keimanan dan loyalitas seseorang sangat diuji. “Perang Tabuk menjadi masyhur sebab ini adalah perang terakhir Baginda Nabi Muhammad SAW. Di dalam perang ini adalah keimanan dan loyalitas sedang diuji,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Ujian keimanan ini diperuntukan bagi kaum Muslimin sejak saat itu. Penegasan momen Tabuk yakni tentang loyalitas keimanan dan ketangguhan berperang dalam kondisi cuaca yang panas menyengat. Kala itu cuaca sangat ekstrim, sehingga dapat menggoyahkan seseorang begitu saja.

“Belum lagi adanya gangguan stabilitas politik internal dari kaum munafiqin yang terus merongrong kesabaran dan kekokohan kaum mukmin. Sifat dan sepak terjangnya yang menciptakan kegaduhan dan kesemrawutan, membutuhkan kesabaran Nabi Muhammad dan kaum mukmin tersendiri,” tuturnya.

Selain hal tersebut, kata Ainul, ujian tersebut karena adanya pemberontakan kaum Nasrani yang meminta bala bantuan pasukan Romawi yang berakhir tumbangnya kekuatan hegemoni kerajaan Romawi. Saat itu pasukan mereka kocar kacir dengan 40 ribu pasukannya.

Namun Madinah tetap bertahan karena totalitas pasukan Allah seperti Abu bakar, Umar bin Khattab bersama sahabat lainnya dalam memberikan fasilitas dengan hartanya untuk berjuang dijalan Allah.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2