Kisah Perjuangan Para Nakes yang Bikin Terenyuh, Rela Tak Libur hingga Begadang Tiap Hari

Aan Haryono
Kamis 15 Juli 2021 20:35 WIB
Tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 (Foto: celebrities.id/Instagram @nakesindonesia)

SURABAYA, celebrities.id - Perjuangan para tenaga kesehatan (nakes) di Kota Surabaya dalam melayani pasien Covid-19 tanpa mengenal lelah. 
Kerja kerasnya dalam menjaga serta merawat masyarakat yang terpapar tak pernah henti dilakukan. Bahkan, sebagai garda terdepan, mereka rela nyawa menjadi taruhan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, dimulai sejak awal pandemi hingga saat ini, ratusan nakes sudah terpapar Covid-19. Sebagian dari mereka sembuh namun, tak sedikit pula yang berpulang. Semua itu, dilakukan para nakes tidak ada lain selain mengutamakan keselamatan masyarakat.

Seperti yang dialami Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD dr Mohamad Sowandhie, Arif Setiawan. Ia menceritakan, perjuangannya dalam menangani pandemi Covid-19. Bahkan melihat keterbatasan jumlah nakes, dia pun sampai rela mengorbankan jatah liburnya demi memberikan penanganan terbaik kepada para pasien.

“Kita tidak kenal lelah, tidak libur pula. Karena selain jumlah yang terbatas rekan-rekan kami juga harus isoman karena terpapar. Makanya, kami yang sehat ini terus berjuang,” kata Arif, Kamis (15/7/2021).

Ia melanjutkan, awalnya saat bertugas di RSUD dr Mohamad Sowandhie jumlah bed yang disediakan untuk pasien Covid-19 berjumlah 90 tempat tidur. Namun seiring pertambahan kasus akhirnya RSUD tersebut terus menambah bed hingga berkapasitas 161 orang.

“Kami pun ubah lobi juga menjadi ruangan. Bagaimana pun caranya kita terus berusaha supaya masyarakat yang sakit bisa tertampung. Kami ingin mereka sembuh,” tuturnya.

 

1
/
2