Kisah Pilu Mytha Lestari Jadi Pejuang ASI, Sempat Derita Postpartum Depression hingga Jedotin Kepala ke Tembok

Siska Permata Sari
Sabtu 01 Mei 2021 09:27 WIB
Myhta Lestari sempat derita postpartum depression. (Foto: celebrities.id/Instagram @mytha_lestari)

JAKARTA, celebrities.id - Bisa memberikan ASI dengan lancar kepada buah hati merupakan dambaan setiap ibu di dunia. Termasuk penyanyi Mytha Lestari yang sempat terkendala saat pertama kali menyusui buah hatinya, Mahatma Kala Maheswara.

Usai melahirkan, dia mengatakan bahwa tidak dapat memberikan ASI kepada putranya selama tiga hari. Hal ini karena pelantun lagu ‘Aku Cuma Punya Hati’ ini menderita postpartum depression (PPD) atau depresi pasca persalinan.

“Jujur karena aku PPD, tiga hari pertama (setelah melahirkan) itu, ASI aku enggak keluar,” kata Mytha Lestari dalam acara ‘FESTIVAL 100% ASIMOR’ secara daring, Jumat (30/4/2021).

Meski sudah dibantu oleh beberapa dokter, hasilnya tetap nihil. Itu terjadi karena disebabkan oleh kondisi mentalnya. “Ternyata, gue nya yang stres, jadinya enggak keluar (ASI),” ujarnya.

Kondisi ini kemudian diperburuk dengan komentar rekan atau kolega yang berkunjung ke rumah sakit tempatnya bersalin.

“Ada kolega datang, terus anak saya nangis. (Dia bilang), aduh kasihan belum minum susu ya? Ibunya belum keluar ya susunya? Makanya gue kena PPD. Gue sampai jedot-jedotin kepala ke tembok saking stresnya,” ujar Mytha.

Namun untungnya, setelah ditenangkan dan ditangani privat oleh dokter laktasi, Mytha akhirnya bisa menyusui anak pertamanya itu dengan tenang. “Akhirnya keluar, alhamdulillah,” ujarnya.

Editor : Endang Oktaviyanti