Kisah VJ MTV Kristiane Backer Mualaf, Dapat Hidayah dari Lirik Lagu hingga Ditahbiskan Jadi Duta Haji 

Ahmad Haidir
Minggu 24 Oktober 2021 08:48 WIB
Kisah VJ MTV Kristiane Backer Mualaf, Dapat Hidayah dari Lirik Lagu hingga Ditahbiskan Jadi Duta Haji 
VJ MTV Kristiane Backer pilih mualaf usai pulang dari Pakistan. (Foto: Arabnews)

JERMAN, celebrities.id –  Bagi penggemar musik, tentu tidak asing dengan acara Music Television atau MTV yang populer di era 90-an hingga 2010. Program yang tayang di berbagai negara tersebut juga melahirkan banyak sosok selebritis yang berasal dari VJ atau presenternya, seperti Kristiane Backer, VJ untuk MTV Europe. 

Sosoknya adalah salah satu nama besar di dunia hiburan era 90-an. Kariernya melesat dengan tidak hanya sebatas menjadi host untuk acara musik saja, namun juga menjadi sosialita papan atas benua biru. 

Berhasil mencapai popularitas dan memiliki pundi-pundi kekayaan luar biasa nyatanya tidak membuat Kristiane Backer bahagia. Dia pun kemudian terlibat dalam sebuah perjalanan spiritual yang akhirnya mengantarkan menjadi seorang mualaf. Hebatnya lagi, saat itu terjadi, Kristiane Backer rela meninggalkan semua pencapaiannya tersebut! 

“Saya menjalani kehidupan luar biasa. Saya memiliki semua yang bisa diimpikan oleh seorang anak muda,” ucap Kristiane Backer di YouTube Ape Astronaut, Minggu (24/10/2021).

Tetapi terlepas dari keberhasilan tersebut, dia selalu merasakan kekosongan batin, jauh di lubuk hati ada sesuatu yang masih hilang dan Kristiane Backer kerap merasa kesepian. “Saat itu saya dilema. Saya berada di atas panggung dengan 70 ribu orang bersorak dan seolah-olah saya berada di atas awan.  Tapi aku merasa kesepian,” ujar Kristiane Backer.

Mengenal Islam dari Pakistan

Perjalanan spiritualnya pun dimulai saat sang VJ berpacaran dengan Imran Khan, sosok atlet kriket asal Pakistan yang menjadi orang pertama yang mengenalkannya pada Islam pada 1992. Imran memainkan musik sufi untuknya dan menjelaskan bahwa liriknya ditujukan kepada Tuhan.  

Dalam perjalanan ke Pakistan, dia mengetahui bahwa 'Allah' adalah kata Arab untuk Tuhan, Pencipta alam semesta.  Dia juga memperhatikan pentingnya yang diberikan oleh orang Pakistan kepada Tuhan dan bagaimana. “Dia ada di mana-mana: dalam arsitektur yang indah, dalam musik, dan di hati orang-orang,” ucapnya.

Kembali dari perjalanannya ke Pakistan, Kristiane Backer menghadiri penghargaan musik MTV di Los Angeles dan dia merasa bahwa seluruh adegan itu sangat palsu dan dangkal. 

"Saya sangat merindukan kehangatan dan keaslian orang-orang yang saya temui di Pakistan," ucapnya. 

“Saya merindukan semua stimulasi intelektual ini, ada begitu banyak yang bisa ditemukan.  Setelah bekerja di MTV, di mana Anda harus meninggalkan otak Anda di rumah dan bersenang-senang di tempat kerja," katanya.

 

1
/
2