Kominfo Bakal Suntik Mati 3G, 4G Jadi Tulang Punggung Jaringan Komunikasi Tanah Air

Tangguh Yudha
Jumat 05 Agustus 2022 20:39 WIB
Kominfo Bakal Suntik Mati 3G, 4G Jadi Tulang Punggung Jaringan Komunikasi Tanah Air
Kominfo bakal suntik mati 3G. (Foto: celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Jaringan 3G perlahan akan mulai dimatikan hingga akhir  2022 ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate.

"Karena sudah dibangun 4G yang lebih cepat dan besar kapasitasnya, maka 3G secara perlahan akan kita matikan," katanya kepada wartawan, Jumat (5/8/2022).

Menteri Johnny menyebut, nantinya 4G akan menjadi tulang punggung jaringan komunikasi Indonesia. Dia berharap migrasi ke 4G akan meminimalisir ketertinggalan dengan negara lain.

Meski demikian, Menteri Johnny memastikan bahwa jaringan 2G akan tetap dipertahankan. Mengingat bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan 2G untuk kebutuhan telepon.

"Perkembangan teknologi sangat cepat, kita tentu tidak mau ketinggalan, termasuk juga dalam mengembangkan 5G. Untuk itu diberikan juga lisensi kepada tiga operator untuk menjalankan itu," ucapnya.

Untuk diketahui, suntik mati 3G sendiri sudah mulai dilakukan oleh operator XL Axiata. Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O Baasir menyebut ini sudah dilakukan secara bertahap.

Menurutnya, saat ini kebutuhan masyarakat mengakses internet semakin meningkat. Diharapkan dengan penyuntik matian jaringan 3G, frekuensi 3G bisa dialihkan sehingga kapasitas jaringan 4G dapat lebih dimaksimalkan.

Editor : Imantoko Kurniadi