Kominfo Blokir Sederet Platform Populer yang Tak Daftar PSE, Ini Alasannya

Tangguh Yudha
Minggu 31 Juli 2022 12:07 WIB
Kominfo Blokir Sederet Platform Populer yang Tak Daftar PSE, Ini Alasannya
Kominfo blokir sederet platform populer yang tak daftar PSE. (celebrities.id/Dok Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika buka suara terkait pemblokiran yang dilakukan pada platform asing yang tak terdaftar. Kominfo membongkar alasan mengapa perlu melakukan tindakan tersebut.

Hal itu diungkap Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan. Dia menegaskan aturan itu dibuat untuk membenahi ruang digital tanah air.

“Setiap penyelenggara keuangan wajib terdaftar, tujuannya untuk apa? Jelas untuk menciptakan ruang digital yang kondusif aman dan nyaman,” ucap Samuel dikutip MNC Portal Indonesia dalam konferensi pers dari Kominfo, Minggu 31 Juli 2022.

Lebih lanjut, Samuel menjelaskan Kominfo akan selalu terbuka untuk platform asing yang ingin menjadi bagian dari ruang digital tanah air. Namun, mereka perlu mengikuti aturan sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh negara.

“Kami membuka peluang bagi siapa pun yang mau bergabung dengan ruang digital kita, tapi aturan adalah aturan,” katanya.

Lebih lanjut, Samuel memberi update untuk deretan PSE yang sudah mulai mendaftarkan diri. Dia menjabarkan per hari ini, Minggu 31 Juli 2022 sudah ada 9039 PSE yang mendaftar. Dan masih ada tujuh platform yang terblokir sementara, di antaranya PayPal, Dota 2, Steam hingga Yahoo.

Meski masih ada tujuh plarform asing yang belum mendaftarkan diri, Samuel mengatakan pihaknya akan terus terbuka. Dia juga berharap platform tersebut bisa segera mengurus pendaftaran agar bisa kembali diakses oleh warganet Indonesia.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi