3 Komponen Sistem Komputer dan Penjelasan Lengkap

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 18 Januari 2023 12:43 WIB
3 Komponen Sistem Komputer dan Penjelasan Lengkap
Komponen sistem komputer dan penjelasannya. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Komponen sistem komputer terdiri dari komponen perangkat keras yang telah dipilih secara hati-hati supaya dapat bekerja sama dengan komponen perangkat lunak atau program yang berjalan di suatu rangkaian komputer.

Komponen perangkat lunak sendiri merupakan sistem operasi yang mengelola dan menyediakan layanan ke program lain dan dapat dijalankan oleh komputer.

Komputer disebut sebagai sistem karena terdiri dari komponen terintegrasi input, output, penyimpanan dan CPU yang bekerja sama untuk melakukan langkah-langkah dalam program yang dijalankan.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (18/1/2023), celebrities.id telah merangkum komponen sistem komputer, sebagai berikut.

Komponen Sistem Komputer

Inilah komponen sistem komputer yang dapat kamu simak, seperti dikutip dari Modul Pembelajaran Sistem Komputer Kelas X (2020) oleh Agus Tri Haryanto.

1. Hardware

Hardware atau perangkat keras merupakan peralatan dalam sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah, seperti monitor, keyboard, mouse dan lain sebagainya.

2. Software

Software atau perangkat lunak merupakan program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data yang terdiri dari:
a. Sistem operasi: DOS, IJnux, Windows, Mac, dan lainnya.
b. Bahasa pemrograman: Visual Basic, C++, Pascal, Java, Visual C, dan lainnya.
c. Aplikasi: MS Office, Antivirus, Winamp, Mozilla, dan lainnya.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2