Kondisi Terkini Yeremia Rambitan, Butuh Pemulihan 3-6 Bulan usai Cedera Parah

Bagas Abdiel
Sabtu 18 Juni 2022 17:58 WIB
Kondisi Terkini Yeremia Rambitan, Butuh Pemulihan 3-6 Bulan usai Cedera Parah
Kondisi terkini Yeremia Rambitan, butuh pemulihan 3-6 bulan usai cedera parah. (Foto:celebrities.id/MPI Bagas Abdiel)

JAKARTA, celebrities.id - Dokter PBSI, dr. Grace Joselini Corlesa menjelaskan kondisi terkini ganda putra Indonesia Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, setelah mengalami cedera di laga perempatfinal Indonesia Open 2022. Menurutnya Yeremia membutuhkan proses pemulihan selama tiga sampai enam bulan ke depan.

Grace mengonfirmasi bahwa Yeremia mengalami cedera lutut pada kaki kirinya. Namun, dia pun tidak bisa mengungkapkan secera detail tentang cedera lutut yang dialami oleh pemain 22 tahun tersebut.

"Ada beberapa hasil MRI, kalau untuk diagnosa kami dari sisi medis belum bisa menceritakan diagnosa pasien apa, kami hanya bisa mengatakan (Yeremia) cedera lutut dan perlu dilakukan terapi lebih lanjut," tutur dr. Grace kepada awak media di Istora Senayan, Sabtu (18/6/2022).

Dokter Grace juga menyatakan bahwa tim dokter PBSI tidak akan melakukan operasi kepada Yeremia dan menjalani terapi konservatif. Namun, tindakan ini juga akan mendapat pantauan lebih lanjut dan melihat perkembangan pemulihan Yeremia.

"Tadi pagi, saya dan prof Nico (dr. Nicolaas C. Budhiparama) selaku dokter dari PBSI kita sudah diskusi, maka dari cedera lutut yang dialami Yere, kami sepakat bahwa Yere harus menjalani terapi dulu selama beberapa bulan dan ada beberapa tes, pemeriksaan lebih lanjut yang kami lakukan untuk bisa menentukan prognosis lebih lanjut," kata dr. Grace.

"Jadi sampai saat ini keputusan kami memang masih dalam terapi artinya tatalaksana konservatif dan tidak ada untuk penatalaksanaan operasi pada cedera Yere," tuturnya.

Lebih lanjut, dr. Grace mengatakan pemulihan dari cedera lutut Yeremia ini akan berlangsung selama 3-6 bulan. Proses ini juga tentu bergantung pada kondisi fisik dari Yeremia sendiri.

"Untuk tadi yang sudah kami diskusikan, melihat dari hasilnya kemungkinan tiga sampai enam bulan tapi juga itu tergantung proses penyembuhan orang atau kemampuan Yere. Tiap orang beda, kita akan lihat dulu dalam kasus Yere ini seperti apa. Cuma range-nya tiga sampai enam bulan," kata dr. Grace.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra