Kongres Halal Internasional MUI Dijadwalkan Dibuka Wapres RI, Indonesia Bakal Jadi Poros Halal Dunia

Widya Michella
Jumat 10 Juni 2022 23:32 WIB
Kongres Halal Internasional MUI Dijadwalkan Dibuka Wapres RI, Indonesia Bakal Jadi Poros Halal Dunia
Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar Kongres Halal Internasional pada 14-18 Juni 2022 di Bangka Belitung. (Ilustrasi: PegiPegi.com)

JAKARTA, celebrities.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar Kongres Halal Internasional pada 14-18 Juni 2022 di Bangka Belitung. Kongres ini akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin dan ditutup oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

"Maka Wapres yang akan membuka. Untuk penutupannya Insya Allah kita akan meminta kesediaan bapak Menteri Agama," kata Ketua Organizing Committee (OC) Kongres Halal Internasional (KHI) MUI 2022, Trisna Djuwaeli ย dikutip dalam laman resmi MUI Online, Jumat,(10/06/2022).

Lebih lanjut, Trisna juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan kongres ini juga akan ada Rakornas Komisi Fatwa dan Rakornas LPPOM seluruh Indonesia. Dia menuturkan bahwa kegiatan kongres ini merupakan ikhtiar untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia, dan meningkatkan produk halal, industri halal dan pariwisata halal.

“Semoga Indonesia menjadi poros dunia untuk hal-hal yang berkaitan dengan halal. Itu yang ingin kita capai dalam kongres ini,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Organizing Committee (OC) Kongres Halal, Amirah Nahrawi mengatakan, kongres halal internasional MUI ini akan dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan perwakilan dari 30 negara sahabat.

“Undangan lain dari luar negeri akan hadir secara offline maupun online,” kata Amirah.ย 

Sebanyak 450 tamu undangan akan hadir dalam gelaran kongres ini termasuk narasumber. Dimana beberapa narasumber berasal dari luar negeri di antaranya dari Taiwan, Malaysia, Jepang dan Spanyol.

Editor : Andre Purwanto