Konspirasi Pengabdi Setan 2, Film Joko Anwar yang Sukses di Hari Pertama Tayang

Yoandra Putri Amarawati
Jumat 05 Agustus 2022 13:46 WIB
Konspirasi Pengabdi Setan 2, Film Joko Anwar yang Sukses di Hari Pertama Tayang
Konspirasi film Pengabdi Setan 2: Communion. (Foto: celebrities.id/Instagram @pengabdisetan2.communion)

JAKARTA, celebrities.id – Film karya Joko Anwar yakni Pengabdi Setan 2: Communion mendapat sambutan baik dari penonton dihari pertama rilis pada Kamis, 4 Agustus 2022. Pada hari pertama rilis tersebut, film Pengabdi Setan 2: Communion tercatat sudah dilihat oleh lebih dari 500 ribu penonton.

Film pertamanya yang juga sukses pada 2017 bercerita tentang seorang ibu yang dikabarkan mengikuti sekter terlarang demi mendapatkan momongan. Setelah dikaruniai empat orang anak yakni Rini, Tony, Bondi dan Ian, sang ibu tiba-tiba menderita sakit sebelum akhirnya meninggal dunia.

Sepeninggalan ibu, suaminya memutuskan untuk bekerja di luar kota dan meninggalkan keempat anaknya dirumah. kemudian, hal aneh mulai terjadi seperti salah satunya yakni gangguan mistis. Bahkan ketika banyak orang membantu mengusir hal mistis itu, orang tersebut berujung meninggal dunia. Hingga akhirnya misteri terungkap, sang adik bungsu yakni Ian dikatakan adalah titisan iblis dan harus diambil oleh kumpulan sekte.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (5/8/2022), berikut konspirasi film Pengabdi Setan 2: Communion.

Konspirasi Film Pengabdi Setan 2: Communion

1. Bapak dan Sekte Herosase

Dilansir dari official trailer yang diunggah Rapi Films melalui kanal YouTube dikatakan bahwa Rini, Tony, dan Bondi merasa curiga lantaran mereka tidak pernah tahu apa pekerjaan yang bapak jalani karena selalu membawa sebuah koper misterius yang selalu disimpan di laci yang terkunci. 

Dalam trailer tersebut juga terdapat cuplikan yang menunjukan sebuah kertas dengan gambar kuda laut, yang di mana merupakan lambang sekte herosase, hal ini lantaran kata kuda laut atau ‘Seahorse’ jika diacak akan membentuk kata ‘Herosase’. Jika kamu sudah menonton film Pintu Terlarang, pasti tak asing dengan sekte herosase, sekte sadis yang disebut tinggal di sebuah bangunan tinggi di tengah kota, persis dengan latar rusun dalam Pengabdi Setan 2 : Communion.

2. Ustadz Dalam Film‘Pengabdi Setan Meninggal Mengenaskan

Karakter ustadz dalam film Pengabdi Setan diperankan oleh Arswendi Nasution, yang juga pernah berperan dalam film besutan Joko Anwar lainnya, seperti Kala dan Pintu Terlarang, meninggal secara tragis karena kalah melawan gangguan hantu. Padahal, pada film Pengabdi Setan pada 1980, sang ustadz diketahui dapat mengalahkan hantu. Banyak konspirasi beredar bahwa hal ini dikarenakan tokoh ustadz (Arswendi Nasution) adalah seorang yang baru saja berhijrah, karena di film-film sebelumnya dia selalu menjadi tokoh antagonis yang jahat. 

3. Hendra yang Merupakan Anak Karakter Ustadz Melihat Sosok Misterius di Tengah Hutan

Hendra (Dimas Aditya) meninggal dalam film Pengabdi Setan setelah kembali dari kota untuk memecahkan misteri dari meninggalnya Ibu. Dalam perjalanan pulangnya, Hendra mengalami sebuah kecelakaan di tengah hutan yang menyebabkannya meninggal di tempat. Hal ini terjadi lantaran Hendra melihat sosok misterius di tengah hutan, hingga akhirnya dia tertabrak mobil. Peristiwa ini dikaitkan dengan film Modus Anomali yang bercerita tentang seorang pria yang kembali bangkit setelah dikubur hidup-hidup dan mengelilingi hutan untuk mencari keluarganya yang telah dibunuh. Laki-laki misterius yang dilihat oleh Hendra sebelum kecelakaan disebut-sebut sebagai tokoh yang ada dalam film Modus Anomali.

Editor : Tia Ayunita