Konsumsi BBM ke Kendaraan Pribadi Tinggi, Kemenhub Dorong Masyarakat Gunakan Angkutan Umum

Icon CameraHeri Purnomo
Jumat 20 Januari 2023 20:39 WIB
Konsumsi BBM ke Kendaraan Pribadi Tinggi, Kemenhub Dorong Masyarakat Gunakan Angkutan Umum
Kemenhub Dorong Masyarakat Gunakan Angkutan Umum. (Foto: celebrities.id/Doc. Kemenhub)

JAKARTA, celebrities.id -  Konsumsi bahan bakar minyak menurut laporan Kementerian Perhubungan didominasi oleh kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, dengan persentase mencapai 97 persen. 

"Oleh karena itu, Pemerintah mendorong penggunaan angkutan umum di wilayah perkotaan di seluruh Indonesia melalui pengembangan bus rapid transit (BRT) dengan skema buy the service (BTS)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam keterangan tertulis, Jumat (20/1/2023). 

Hendro mengatakan, skema BTS ini hadir dengan tujuan untuk memberikan stimulus pengembangan angkutan penumpang umum perkotaan, meningkatkan minat penggunaan angkutan umum, serta untuk memberikan kemudahan mobilitas masyarakat di kawasan perkotaan. 

Selain itu secara simultan juga akan dilakukan evaluasi menyeluruh untuk semakin menyempurnakan keberadaan angkutan umum di Indonesia.

“Ke depannya, Kemenhub melalui Ditjen Hubdat akan melakukan berbagai hal untuk menekan konsumsi BBM dengan beberapa cara salah satunya melakukan pendampingan pada kota-kota yang sudah mengembangkan angkutan umum sehingga kota-kota tersebut akan menemukan cara untuk mengoptimalkan pelayanannya yang ditunjukkan dengan meningkatnya daya angkut dan jumlah penumpang di setiap tahunnya,” ucap Dirjen Hendro.

Usaha lainnya yaitu dengan mendorong serta memfasilitasi pemerintah provnsi, dan kabupaten/kota untuk duduk bersama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) agar dapat menemukan langkah bersama dalam memberikan pelayanan angkutan umum kepada masyarakat, termasuk penataan kembali jaringan trayek sehingga masyarakat bisa beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke penggunaan angkutan umum. 

“Kolaborasi perlu terus ditingkatkan, guna mewujudkan angkutan umum perkotaan yang selamat, aman, nyaman dan terjangkau sebagai diamanahkan dalam UU 22 tahun 2009,” katanya.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News