Konsumsi Minuman Berkolagen Efektif Sehatkan Kulit? Ini Penjelasan Dokter

Muhammad Sukardi
Senin 25 April 2022 22:27 WIB
Konsumsi Minuman Berkolagen Efektif Sehatkan Kulit? Ini Penjelasan Dokter
Konsumsi minuman berkolagen efektif sehatkan kulit? ini penjelasan dokter. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat milenial mungkin sudah tidak asing dengan minuman berkolagen. Minuman tersebut diklaim mampu mencukupi kadar kolagen dalam tubuh.

Seperti diketahui, semakin bertambahnya usia, jumlah kolagen akan terus berkurang. Kolagen sendiri penting untuk kesehatan kulit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Medhi Denisa Alinda, SpKK, masyarakat saat ini memang bisa mendapat asupan kolagen lewat banyak cara, termasuk minuman berkolagen. Namun, hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah kandungan lain yang ada di minuman tersebut apakah mampu memaksimalkan fungsi kolagen atau tidak.

"Benar, minuman berkolagen bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam, tapi tergantung dengan berapa dosis kolagen dalam minuman tersebut dan kandungan gizi lainnya yang mampu memaksimalkan fungsi minuman berkolagen tersebut," kata dr Medhi dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Senin (25/4/2022).

Nah, kalau bicara soal kandungan lain yang ada di minuman berkolagen, itu biasanya ada Gluthatione, vitamin A, dan vitamin C. Semuanya itu, kata dr Medhi, dapat membantu mencerahkan kulit selagi Anda juga mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup.

"Ada baiknya lagi, kalau di dalam minuman berkolagen itu ada Gluthatione, L-Cystein, vitamin C, vitamin A, Acai berry, dan Zinc Glukonat," ucapnya.

Dokter Medhi mencoba menjelaskan satu per satu manfaat dari kandungan yang ada dalam minuman berkolagen tersebut. Dimulai dari Glutathione yang merupakan antioksidan alami, bisa menjaga kesehatan kulit hingga menjaga daya tahan tubuh secara umum.

"Dari beberapa penelitian, pemberian oral Glutathione dapat membantu mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan mengurangi terjadinya keriput," ujar dr. Medhi.

Sementara L-Cystein adalah asam amino non essensial yang dapat memaksimalkan pencerahan kulit dari dalam. Begitu juga dengan vitamin C, selain mencerahkan juga bisa meningkatkan sintesis kolagen dengan menjadi co-factor enzim yang mensistesis kolagen.

 

1
/
2