Konsumsi Vitamin Berlebihan Sebabkan Gangguan Ginjal dan Imunitas, Ini Faktanya

Muhammad Sukardi
Senin 19 Juli 2021 10:25 WIB
Konsumsi vitamin sesuai kebutuhan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Masa pandemi seperti sekarang ini membuat kita harus lebih ekstra lagi menjaga imunitas tubuh. Berbagai cara pun mungkin dilakukan, termaksud mengonsumsi vitamin D yang banyak sekali dianjurkan.

Masyarakat pun dibuat bingung dengan banyaknya informasi yang beredar, termasuk soal konsumsi vitamin D berlebihan. Beberapa dari informasi itu menjelaskan bahwa konsumsi vitamin D berlebihan malah sebabkan gangguan ginjal dan gangguan imunitas.

Apakah hal ini benar?

Dokter Imelda Audry Chandra di akun TikTok-nya menjelaskan bahwa berdasar studi, salah satu penyebab terjadinya pandemi adalah rendahnya vitamin D dalam tubuh manusia. Ini juga yang menyebabkan pandemi Covid-19.

"Jika Anda ingin sehat, termasuk terhindar dari kanker, maka vitamin D Anda harus optimal," saran dr Imelda di TikTok-nya. 

Lantas, mengapa vitamin D penting sekali dalam perlindungan tubuh terhadap virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19?

"Karena vitamin D dapat menghancurkan 'spike' protein pada virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19, sehingga virus tersebut menjadi cacat dan tidak dapat berkembang," katanya di video yang sudah disukai 1715 netizen itu.

Pertanyaan kemudian, apakah vitamin D hanya didapat dari matahari?

"Sinar matahari yang optimal dalam menghasilkan vitamin D adalah saat bayangan lebih pendek dari tinggi tubuh," terang dr Imelda.

 

1
/
2