Kopi Dapat Memperpanjang Umur, Benarkah?

Stefani Ira Pratiwi
Kamis 15 September 2022 16:37 WIB
Kopi Dapat Memperpanjang Umur, Benarkah?
Kopi hitam diyakini dapat mencegah berbagai masalah kesehatan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kematian dini. 

Selama tujuh tahun, para peneliti dari Southern Medical University di Guangzhou, China mempelajari kesehatan secara keseluruhan dari 171 ribu orang di Inggris yang tidak menderita kanker atau penyakit kronis. 

Rata-rata orang yang dijadikan subjek penelitian memiliki usia 55,6 tahun. Selain mempelajari kesehatan subjek penelitian, mereka juga melakukan pengamatan terhadap kebiasaan subjek penelitian dalam meminum kopi.

Setelah mengamati, para peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut. Mereka yang minum kopi tanpa pemanis secara teratur memiliki risiko kematian dini 15-21 persen lebih sedikit dari mereka yang tidak minum kopi. Bagi orang yang setiap hari minum kopi sebanyak 1-4 cangkir dengan pemanis ringan, risiko kematian yang mereka miliki 29-31 persen lebih kecil. 

Sayangnya, data mengenai jumlah gula dalam secangkir kopi tersebut kurang konsisten diamati. Studi ini kemudian diterbitkan di dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Studi mengenai kopi dan kesehatan sebenarnya sudah sering dilakukan. Salah satu studi yang mempelajari mengenai manfaat kopi untuk memperpanjang usia adalah studi yang diterbitkan dalam The Journal of the American Medical-Internal Medicine. 

Menurut studi tersebut, kopi mampu membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik. Hal ini akan baik untuk kesehatan jantung.

Meskipun memiliki beragam manfaat, mengonsumsi kopi dengan takaran yang berlebihan juga akan memberikan bahaya bagi tubuh. Menurut Mayo Clinic, seseorang yang mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein, atau setara dengan 4-5 cangkir kopi per hari, akan mengalami kecemasan, kegelisahan, detak jantung yang cepat, dan berkeringat. 

Selain itu, ada juga beberapa kasus-kasus kematian yang disebabkan oleh konsumsi kopi dengan dosis berlebihan.

Editor : Hadits Abdillah