Korban Penganiayaan Tidak Dijamin BPJS Kesehatan, Kenapa? 

Icon CameraErfan Erlin
Rabu 18 Januari 2023 23:43 WIB
Korban Penganiayaan Tidak Dijamin BPJS Kesehatan, Kenapa? 
Korban penganiayaan tidak dijamin BPJS Kesehatan. (Foto: celebrities.id/Docl BPJS Kesehatan)

JAKARTA, celebrities.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan angkat bicara soal korban klitih yang terpaksa pulang karena terganjal biaya operasi. 

BPJS Kesehatan pun tidak mencover pembiayaan tersebut karena merupakan korban penganiayaan.

Menanggapi informasi tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Prabowo menegaskan bahwa sistem penjaminan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah diatur jelas dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Dalam peraturan presiden tersebut, pada pasal 52 angka 1 (satu) huruf r tercantum landasan mengapa mereka tidak tercover BPJS Kesehatan.

"Dalam peraturan tersebut menyebutkan pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, korban terorisme, dan tindak pidana perdagangan orang termasuk dalam pelayanan yang tidak dijamin oleh Program JKN," tutur dia, Rabu (18/1/2023).

“Pengobatan akibat penganiayaan tidak dijamin. Semua penjaminan manfaat Program JKN sudah diatur termasuk juga manfaat apa yang tidak dijamin. Tercantum jelas dalam Perpres 82 Tahun 2018 pasal 52,” kata Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo menegaskan apabila layanan yang dibutuhkan peserta bukan termasuk layanan yang tidak dijamin sebagaimana termaksud dalam peraturan presiden tersebut, maka BPJS Kesehatan tetap memberikan penjaminan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Prabowo menegaskan jika layanan yang dibutuhkan memang termasuk hal-hal yang bisa mereka jamin, maka pihaknya akan menjamin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Pihaknya menghimbau pada peserta untuk terus waspada dan berhati-hati. 

"Kami juga menghimbau terus memastikan kepesertaannya aktif agar bisa mengakses layanan kesehatan saat sakit,” katanya.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News